Jumat 03 Mar 2017 08:44 WIB

9 Manfaat Kesehatan Konsumsi Beras Merah

Rep: Muthia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Beras merah kaya akan serat, konsumsi beras merah pun bisa memenuhi kebutuhan harian serat Anda.
Foto: flickr
Beras merah kaya akan serat, konsumsi beras merah pun bisa memenuhi kebutuhan harian serat Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mungkin sudah mendengar berkali-kali bahwa meras merah jauh lebih baik dibanding beras putih. Anda mungkin bertanya apa alasannya. Berikut adalah sembilan manfaat mengonsumsi beras merah secara teratur, dilansir dari Womanitely.

Tinggi selenium

Selenium adalah mineral yang sangat penting dibutuhkan tubuh. Fungsinya memperbaiki DNA dan sel rusak, serta menghentikan proliferasi sel kanker atau sel abnormal. Konsumsi selenium cukup mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Banyak mangan

Secangkir beras merah mengandung 80 persen kebutuhan mangan harian. Mineral ini membantu mencerna lemak dalam tubuh dan menjaga sistem saraf dan reproduksi tetap optimal. Mangan juga membuat Anda tidur lebih baik di malam hari.

Mengandung lemak sehat

Tubuh Anda membutuhkan lemak sehat untuk menjaga kadar kolesterol pada level normal. Beras merah mengandung lemak alami dan dalam dosis sempurna untuk tubuh.

Menurunkan berat badan

Beras merah kaya serat yang sangat penting untuk memperlancar fungsi usus, plus membuat perut kenyang lebih lama. Nasi merah dengan sayuran kukus membuat Anda kenyang dan tak berakhir melahap makanan dengan kalori berlebihan.

Mengurangi risiko jantung

Beras merah memiliki fungsi gandum seutuhnya. Beras merah telah terbukti mencegah penumpukan plak di arteri, menjaga kadar kolesterol, dan akhirnya mengurangi risiko penyakit jantung.

Antioksidan

Antioksidan menjaga radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Beras merah memberi dosis megaantioksidan sama halnya seperti buah-buahan.

Menstabilkan gula darah

Studi terbaru menunjukkan setengah cangkir beras merah yang dikonsumsi setiap hari bisa mengurangi risiko diabetes tipe-2 hingga 60 persen. Beras merah menstabilkan gula darah, sehingga menjadi pilihan cocok di piring Anda. Nasi putih justru meningkatkan peluang diabetes tipe-2.

Bagus untuk bayi

Jika Anda memiliki bayi, beras merah atau sereal beras merah memiliki komposisi alami yang kaya nutrisi dan serat. Beras merah memberikan banyak zat yang dibutuhkan tubuh bayi.

Bisa dikreasikan resep apapun

Beras merah bisa dikreasikan dan diolah menjadi bentuk lain, misalnya tepung beras merah. Anda juga bisa membuat pancake, roti, dan aneka makanan panggang lezat dan sehat. Beras merah juga bisa menjadi bahan sup dan minuman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement