Selasa 28 Feb 2017 07:55 WIB

Lima Kereta Paling Cepat di Dunia

Kereta Maglev yang dioperasikan di Shanghai.
Foto: AP
Kereta Maglev yang dioperasikan di Shanghai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kereta api masih menjadi transportasi umum darat paling cepat dan bebas macet. Tapi, kereta mana yang lajunya paling cepat?

Jika kita sering mengenal Shinkansen dari Jepang sebagai kereta paling cepat, ternyata bukan. Kereta tercepat di dunia dipegang oleh Shanghai Maglev, dengan kekuatan memacu hingga 267 mph atau 431 km per jam.

Berikut ini, lima daftar kereta tercepat di dunia, dikutip dari cntraveler, Selasa (28/2).

Shanghai Maglev: 267 mph

Kereta ini mengenakan biaya 8 dolar per orang per perjalanan. Rute perjalanan kereta ini mencapai 19 mi dari Bandara Internasional Shanghai Pudong ke stasiun metro Longyang di pinggiran Shanghai. Perjalanan tersebut ditempuh dengan durasi yang singkat, hanya tuju menit saja berkat teknologi magnetik levitasi (maglev). Teknologi tersebut mampu membuat kereta memacu hingga 431 km per jam.

 

Harmony CRH380A: 236 mph

Peringkat kedua direbut kembali oleh Shanghai Cina sebagai kereta tercepat. Kereta Cina ini merupakan kereta penumpang non-maglev yang paling cepat di dunia. Rute yang ditempuh menghubungkan Shanghai dengan Nanjing sejak 2010. Saat ini sedang dalam tahap penambahan rute dari Shanghai ke Hangzhou dan Wuhan ke Ghuangzhou.

Trenitalia Frecciarossa 1000: 220 mph

Kereta yang dijuluki panah merah dari Italia ini menjadi kereta paling cepat se daratan Eropa. Kendaraan ini memiliki rute Milan ke Florence atau Roma. Rute tersebut dapat ditempuh hanya dengan  waktu tiga jam saja. Komponen yang digunakan pun merupakan 100 persen bagian yang paling baru.

 

Renfe AVE: 217 mph

Kereta tercepat di Spanyol ini merupakan karya dari Velaro E, Siemens. Kereta tersebut melayani untuk perjalanan jarak jauh dari kota-kota utama Spanyol dan perjalanan antar negara tetangga, seperti dari Barcelona ke Paris. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dengan waktu lima jam.

DeutscheBahn ICE: 205 mph

Berwarna perak putih dengan kombinasi garis merah membuat laju City Express atau ICE menarik perhatian. Kereja Jerman ini memiliki kemiripan dengan Renfe AVE sebab merupakan desain dari Velaro E, Siemens juga. Rute baru yang rencana akan dibuka melayani Frankfurt ke London.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement