Kamis 16 Feb 2017 14:42 WIB

Bagaimana Mengatakan tidak di Tempat Kerja?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Suasana kantor.
Foto: Pexels
Suasana kantor.

REPUBLIKA.CO.ID, Karyawan sering bersusah payah menghindari berkata 'tidak' pada bos mereka. Ini pada akhirnya mengorbankan keseimbangan kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi.

Manajemen waktu bisa membantu kondisi ini. Namun, jika pekerjaan membuat Anda praktis bagaikan hidup di kantor, mungkin sudah saatnya Anda mencari pekerjaan baru.

Informasi berikut bisa membantu Anda untuk berani mengatakan 'tidak' pada atasan, dibuat oleh sebuah business financing provider, The Business Backer, dilansir dari Mental Floss.

Pertama, jujur dan logis. Jelaskan alasan Anda menolak atau mengatakan 'tidak' pada atasan. Pastikan alasan yang Anda kemukakan logis. Kedua, katakan langsung, bukan melalui surat elektronik (email). Bahasa dalam email terkadang susah diinterpretasikan. Katakan langsung pada atasan Anda beserta alasannya dengan kalimat yang mudah dicerna.

Ketiga, jelaskan tugas prioritas dan minta tolong jika sudah keteteran. Anda bisa membawa copy atau bundel jadwal pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Minta sang atasan membantu Anda mengurutkan pekerjaan mulai dari tingkatan paling penting.

Keempat, temukan orang yang bisa memberi solusi. Jika seseorang meminta Anda mengerjalan suatu pekerjaan, sementara Anda tidak mampu melakukannya, maka minta tolong pada orang yang lebih kompeten.

Kelima, tunjukkan apresiasi. Bos memberi Anda setumpuk pekerjaan itu berarti Anda adalah sosok yang bisa dia percaya. Anda bisa mengapresiasinya dengan gestur tubuh atau ucapan, seperti "Terima kasih sekali atas apresiasi bapak. Tapi, saya belum bisa memegang tanggung jawab ini karena..." Cara ini membuat Anda lebih fokus menyelesaikan pekerjaan prioritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement