Ahad 12 Feb 2017 15:15 WIB

Calvin Klein Sampaikan Pesan Politik di Pekan Mode

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Koleksi Calvin Klein di New York Fashion Week.
Foto: AP
Koleksi Calvin Klein di New York Fashion Week.

REPUBLIKA.CO.ID, Dengan bantuan lagu terkenal David Bowie "This is Not America" desainer Raf Simons membuat pesan yang ditunjukkan pada koleksi debut Calvin Klein di New York Fashion Week.

"Hal ini mencerminkan lingkungan. Hal ini datang bersama-sama dari karakter yang berbeda dan individu yang berbeda, seperti Amerika sendiri," ujarnya dalam pesan di pertunjukan tersebut seperti dilansir dari laman Fox News, Ahad (12/2).

Musik, pakaian dan bahkan bandana bermotif ia kirim ke tamu dengan catatan. "Persatuan, inklusi, harapan dan penerimaan: Bergabunglah dengan kami di Calvin Klein dalam mengenakan bandana putih. #terikatbersama."

Simons ingin menggunakan platform untuk menempatkan pesannya. "Bila Anda memiliki suara, Anda harus menggunakannya," kata Simons di belakang panggung  pekan lalu pada pertunjukan label busana pria miliknya.

Ada yang merujuk ke Amerika Barat untuk koleksi perempuan dan laki-laki, dengan jaket denim jins longgar, atau kaus warna-warni gaya koboi. Ada pula yang bergaya sporty Amerika. Selain itu, ada setelan dengan warna hitam dan putih, juga mantel selimut dengan pola warna-warni.

Untuk beberapa pakaian (gaun, mantel, rok) terbungkus dalam lapisan plastik, tampak seperti plastik pembungkus pada hadiah. Dalam satu gaun, plastik terlindung banyak ditambahkan bulu putih, kuning dan hitam. Sebuah mantel berbulu kuning keemasan juga memiliki efek laminasi ini. Hiasan lain yang umum adalah bunga silver metalik, muncul di jaket kulit hitam atau semata-mata jala atasan yang meninggalkan sedikit imajinasi.

Di antara selebritas tamu tampak Gwyneth Paltrow, Julianne Moore, Sarah Jessica Parker, Naomie Harris, Kate Bosworth, Greta Gerwig, Brooke Shields, Sofia Coppola, dan supermodel Lauren Hutton. Hutton memuji kedua isi acara dan pesannya. "Dia adalah keajaiban baru," katanya.

Ditanya apakah politik harus memiliki ekspresi di mode, dia berkata. "Saya pikir itu semua seni untuk mode, jika itu baik, selalu memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang masyarakat."

Desainer Diane von Furstenberg juga berada di antara tamu barisan depan. Dia mengatakan, mode dimulai dengan keluarga berencana. "Ini bukan tentang politik. Ini tentang hak-hak perempuan, tentang tubuh, dan hak asasi manusia."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement