Jumat 10 Feb 2017 18:19 WIB

Bisnis Sepatu Ivanka Trump Dikecam Karena Penjiplakan

Ivanka Trump
Foto: EPA
Ivanka Trump

REPUBLIKA.CO.ID, Bisnis pakaian milik Ivanka Trump menuai kecaman dari masyarakat. Toserba Nordstrom bahkan mengumumkan telah mengeluarkan merek Ivanka karena terjadi penurunan penjualan. Diduga hal itu kebanyakan akibat banyak masyarakat yang memboikot merek pakaian milik anak Presiden Amerika Serikat itu seperti dikutip dari Independent, Kamis (9/2).

Pada Juni tahun lalu, merek sepatu asal Italia Aquazzura mengajukan tuntutan kepada merek sepatu Ivanka Trump. Aquazzura mengklaim telah terjadi penjiplakan secara berulang-ulang. Gambar-gambar di media sosial pun beredar mengenai kemiripan desain sepatu Aquazzura dan Ivanka.

"Aquazzura berusaha untuk menciptakan desain unik dan tidak bisa membiarkan gaya khas tersebut dijiplak sehingga membuat publik kebingungan," bunyi pernyataan resmi dari Aquazzura saat itu.

Hal itu lantas membuat banyak pihak kembali memunculkan kasus penjiplakan lain yang berkaitan dengan Ivanka. Contohnya, yakni kemiripan desain sepatu Ivanka dengan sepatu merek Chanel.

Pada Juni 2016, Kepala Keuangan perusahaan Ivanka, Matthew Burris menyebut tuntutan tersebut tidak patut dilakukan karena hanya mengincar ketenaran belaka.  Dalam dokumen pengadilan, Ivanka juga menolak terlibat dalam penjiplakan atau praktik kompetisi yang tidak adil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement