Selasa 31 Jan 2017 16:52 WIB

Warga India Ramai-Ramai Rajut Sweater untuk Gajah

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Gajah mengenakan rajutan untuk menghangatkan tubuhnya.
Foto: Roger Allen
Gajah mengenakan rajutan untuk menghangatkan tubuhnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Pusat konservasi dan perlindungan gajah Wildlife SOS di India punya cara khusus untuk menghangatkan satwa mereka. Organisasi itu mengajak warga ramai-ramai merajut sweater untuk gajah.

Selama ini, puluhan gajah mendapat selimut untuk menghangatkan diri selama bulan-bulan cuaca dingin. Warga global juga bisa berdonasi untuk pembelian selimut raksasa itu lewat laman resmi Wildlife SOS.

Salah satu pendiri Wildlife SOS, Kartick Satyanarayan mengatakan, kini pihaknya berinovasi dengan melibatkan sejumlah penduduk lokal untuk merajut sweater. Hingga sekarang, para perajut telah menyelesaikan tiga dari total 23 sweater gajah yang akan dibuat.

Masing-masing sweater memilili corak unik dan warna khas agar dapat dibedakan. Satyanarayan mengatakan, satu sweater ukuran super jumbo itu membutuhkan empat pekan pembuatan.

Disampaikan Satyanarayan, musim dingin ekstrem yang sedang melanda seluruh negeri cukup menjadi masalah bagi para gajah yang dirawat Wildlife SOS. Satwa bernama Latin Elephas maximus jadi mudah terserang wabah flu dan penyakit lain.

Ia menegaskan, pusat konservasi yang dipimpinnya selalu berusaha melindungi gajah dari serangan penyakit. Apalagi, sejumlah gajah punya daya tahan tubuh lemah dan rentan penyakit akibat penganiayan yang kerap mereka alami.

"Selain pneumonia, dingin juga memperburuk kondisi artritis mereka yang merupakan masalah umum pada gajah-gajah yang kami selamatkan," kata Satyanarayan, dilansir dari laman Travel and Leisure.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement