Jumat 27 Jan 2017 12:15 WIB

Terbangun Tengah Malam dan tak Bisa Tidur Lagi? Ini Tipsnya

Rep: Wilda fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Tidur
Foto: acai-health-diet.com
Tidur

REPUBLIKA.CO.ID, Tak ada yang lebih menyebalkan daripada terbangun di tengah malam dan tidak bisa kembali tidur. Beberapa upaya yang dilakukan untuk kembali tidur pun tak jarang sia-sia.

Pada dasarnya, memang tidak ada cara khusus yang bisa mengakali tubuh untuk langsung kembali tidur setelah terbangun tiba-tiba. Akan tetapi, ahli tidur sekaligus penulis The Power of When, Dr Michael Breus, memiliki trik khusus.

Salah satu trik yang diutarakan Breus ialah tidak pergi ke kamar mandi saat tiba-tiba terbangun dari tidur, kecuali memang benar-benar butuh. Alasannya, hanya dengan mengganti posisi dari berbaring ke duduk di tempat tidur saja sudah dapat meningkatkan denyut jantung.

Peningkatan denyut jantung sangat berpengaruh dalam upaya untuk kembali tidur karena denyut jantung harus berada dalam hitungan tertentu agar Anda bisa masuk ke dalam keadaaan tidak sadar atau tidur. Tiap orang memiliki batasan berbeda terkait hitungan denyut jantung, tapi umumnya dibutuhkan sekitar 60 kali detak jantung per menit.

Dengan bangun dari tempat tidur, terang Breus, denyut jantung akan melebihi 60 kali per menit. Dalam kondisi ini, jantung perlu memperlambat diri lagi agar Anda dapat tidur dan proses ini tidak bisa terjadi secara instan.

Seperti dilansir Independent, trik lain yang bisa dilakukan adalah tetap santai dan tidak melihat jam. Breus mengatakan banyak orang yang terbangun di malam hari dari tidur secara otomatis langsung melihat jam. Ketika melihat jam, secara otomatis otak langsung berpikir dan berhitung seberapa banyak jam yang tersisa sampai alarm di pagi hari akan berbunyi.

Kebiasaan tersebut, jelas Breus, tidak baik dilakukan jika Anda ingin segera kembali tidur setelah terbangun. Proses berpikir dan menghitung jam ini dapat menimbulkan kegelisahan serta rasa cemas sehingga sulit untuk bisa segera kembali tidur. Cara terbaik ialah kosongkan pikiran saat terbangun tiba-tiba di tengah malam dan tetap bersantai. Dengan begitu, secara perlahan tubuh akan mulai terdorong untuk kembali tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement