Ahad 22 Jan 2017 16:59 WIB

Whose Streets? Dokumenter Kerusuhan Ferguson

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Film Dokumenter Whose Streets?
Foto: Reuters
Film Dokumenter Whose Streets?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah film dokumenter mengenai kerusuhan di Ferguson, Missouri, yang pecah 2014 lalu, ditayangkan perdana pekan ini di Festival Film Sundance. Film berjudul Whose Streets? disebut-sebut menunjukkan sisi kemanusiaan yang menemui titik kritis di komunitas beberapa waktu belakangan ini.

Film Whose Streets?, merekam saat-saat kerusuhan di Ferguson yang awalnya merupakan aksi demo memprotes kematian Michael Brown. Film ini disutradarai oleh Sabaah Folayan dan penduduk Missouri Damo Davis. Film ini menggabungkan media sosial dan rekaman amatir untuk cuplikan asli yang menggambarkan tindakan tokoh-tokoh kunci di masyarakat.

"Saat media arus masa tak berkomitmen untuk memecahkan masalah ini tapi lebih berkomitmen pada urusan rating saat para politisi sangat partisan dan membingungkan kita, membuat kita menunjukkan jalan," ujar Folayan seperti dilansir Reuters.

Pada festival tahun ini, empat film dokumenter dalam kompetisi menyoroti gerakan Black Lives Matter. Gerakan ini tumbuh sejak kematian Brown dan banyak lelaki kulit hitam lain oleh polisi di berbagai kota di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement