Selasa 17 Jan 2017 16:01 WIB

Trik Bisa Menabung Separuh dari Penghasilan

Menabung
Foto: flickr
Menabung

REPUBLIKA.CO.ID, Melihat gaya hidup saat ini, sebagian orang cenderung untuk berlama-lama di luar rumah dengan menikmati fasilitas yang ada di berbagai sektor kebutuhan. Untuk makan siang, mereka akan memilih makan di kafe yang suasananya nyaman dengan anggaran yang cukup tinggi. Untuk menjaga kesehatan, mereka juga gemar pergi ke tempat fitnes dengan segala fasilitas pendukungnya. Melakukan kebiasaan seperti ini akan membuat pengeluaran lebih besar, sehingga sulit untuk menyisihkan sedikit Uang untuk menabung.

Sifat yang cenderung boros adalah penghambat untuk keuangan. Padahal, menyisihkan sedikit dari penghasilan, tidak melebihi pengeluaran yang digunakan untuk melakukan keborosan tersebut. Saat memiliki rencana pengeluaran yang besar untuk masa depan, seperti membeli kendaraan dan rumah, sebisa mungkin sisihkan penghasilan untuk dijadikan prioritas hal tersebut.

Berikut ini ada tips yang dapat membantu untuk menabung separuh dari penghasilan:

Selalu Mengawasi Pengeluaran

Jika memiliki rencana untuk menabungkan separuh uang dari penghasilan, maka ada sesuatu hal yang perlu dilakukan. Yang pertama adalah mengawasi setiap pengeluaran. Di setiap bulan, sebaiknya catat seluruh pengeluaran, dan teliti kembali, apakah ada pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu yang ternyata selalu dihamburkan. Coret dari daftar, kemudian jadikan uang tambahan untuk tabungan.

Kurangi Pengeluaran Rutin Anda

Setelah menuliskan dan mengawasi apa saja pengeluaran per bulan tentu akan diketahui apa yang menjadi pengeluaran rutin anda. Yang terpenting adalah mengurangi pengeluaran rutin tersebut, jika memang cukup sering melakukannya. Beberapa contoh pengeluaran rutin yang bisa dihilangkan adalah penggunaan internet di rumah, penggunaan pulsa paket pada smartphone, serta membeli bahan bakar kendaraan. Beberapa pengeluaran tersebut masih bisa diganti dengan alternatif lain yang tentunya lebih hemat.

Sebaiknya Mencari Penghasilan Tambahan

Sepertinya, menghapus beberapa pengeluaran rutin dan pengeluaran yang terkadang tidak perlu, cukup sulit untuk Anda. Maka solusi lainya adalah mencari penghasilan tambahan. Coba untuk mencari lahan pekerjaan yang baru yang tidak mengganggu aktivitas utama. Fokuskan untuk lebih ke bidang bisnis, seperti bisnis loket pembayaran atau bisnis makanan ringan. Tentukan target penghasilan tambahan yang sesuai harapan.

Jangan Lupa Membayar Utang

Setelah menghilangkan beberapa pengeluaran yang tidak perlu, dan mengganti pengeluaran rutin yang cenderung besar jumlahnya, jangan lupa juga untuk membayar utang. Membayar utang adalah menabung. Saat utang sudah lunas, maka menabung separuh dari penghasilan kita bukanlah masalah. Tabungan juga akan lebih maksimal.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement