Selasa 03 Jan 2017 14:00 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Menyewa Rumah

Menyewa rumah
Foto: flickr
Menyewa rumah

- Mengurus perpindahan rumah

Ketika menyewa rumah, Anda harus mengurus perpindahan barang-barang Anda dan keluarga ke tempat yang baru. Selain merepotkan, Anda juga mengeluarkan biaya untuk transportasi atau ongkos untuk pekerja yang membantu Anda. Anda juga harus mengurus mengenai perubahan alamat pada berbagai dokumen administrasi seperti bank agar surat yang dikirim bisa sampai dengan tepat ke alamat yang terbaru.

- Biaya sewa cenderung naik

Seiring dengan kenaikan harga rumah, biaya sewa rumah juga biasanya mengalami kenaikan setiap tahun. Anda dapat menerima harga tetap dengan cara melakukan kontrak jangka panjang misalnya dua tahun, sehingga harganya tidak akan berubah dalam dua tahun tersebut. Namun konsekuensinya, Anda harus menyiapkan dana untuk masa sewa dua tahun sehingga tentunya dana yang disiapkan lebih besar. Kenaikan biaya sewa per tahun bergantung pada letak dan kondisi rumah tersebut.

- Tidak memiliki aset

Dengan membeli rumah, saat selesai mencicil maka rumah tersebut menjadi milik Anda. Saat selesai mencicil, ada kemungkinan nilai rumah sudah naik beberapa kali lipat sehingga akan menghasilkan keuntungan bila dijual. Lain halnya bila menyewa, maka dana yang Anda keluarkan setiap tahun hanya untuk biaya sewa dan pada akhir masa sewa tetap tidak memiliki hak atas rumah tersebut.

- Tidak mendapat rumah yang sesuai

Dengan membeli rumah, Anda memiliki keleluasaan untuk memilih rumah dan mengatur tata letak atau perabot sejak awal. Bila hanya menyewa, maka perabot dan tata letaknya sudah disiapkan oleh pemilik. Saat ingin mengubah tata letak, Anda harus mengacu pada kesepakatan awal apakah boleh langsung dilakukan atau harus meminta izin pada pemilik.

Masing-Masing Memiliki Keunggulan dan Kekurangan

Menyewa rumah mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, sehingga bergantung pada fokus tujuan dan kondisi Anda untuk menentukan menyewa atau tidak. Bila lebih fokus untuk berhemat dan menginginkan kepraktisan jangka pendek, maka menyewa bisa jadi pilihan. Namun bila ingin mempunyai aset dan sudah ingin menetap di suatu tempat, maka bembeli rumah bisa menjadi pilihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement