Senin 12 Dec 2016 07:21 WIB

Ria Miranda Rancang Busana Terinspirasi Isaac Newton

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Koleksi spring/summer 2017 dari Ria Miranda. Kali ini Ria mendapatkan inspirasi dari gaya gravitasi yang dijabarkan Isaac Newton.
Foto: ist
Koleksi spring/summer 2017 dari Ria Miranda. Kali ini Ria mendapatkan inspirasi dari gaya gravitasi yang dijabarkan Isaac Newton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi seorang desainer, inspirasi bisa datang dari mana saja. Termasuk dari ilmuwan lawas sekalipun.

Untuk koleksi spring/summer 2017, Ria Miranda menghadirkan Principia. Koleksi ini terinspirasi dari sebuah judul buku karya Sir Isaac Newton yang membahas mengenai gravitasi yaitu, Philoshopiae Naturalis dan Principia Mathematica. Dalam bukunya, Newton menjabarkan bahwa gerak benda di alam raya ini diatur oleh sekumpulan hukum alam yang sama dan salah satunya adalah hukum gravitasi.

Teori ini ia ciptakan karena ia merasa bingung, mengapa sebuah apel dapat jatuh dari pohon. Hal itu terjadi karena, bumi memiliki massa yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya. Gaya gravitasi ialah agen yang memberikan bobot terhadap benda sehingga benda tersebut akan jatuh kembali ke tanah.

Gravitasi tidak hanya terjadi pada benda saja, namun juga terjadi pada makhluk hidup terutama manusia dengan alam sekitarnya. Keduanya memiliki hubungan satu sama lain, sehingga mereka tidak mungkin dapat berjalan sendiri. Manusia membutuhkan bumi dan alam sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, begitu juga bumi membutuhkan manusia untuk merawatnya. Sebagai bentuk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, manusia mempunyai amanah dan tanggung jawab yang sangat besar untuk menjaga keseimbangan lingkungannya.

“Pesan yang ingin disampaikan melalui koleksi principia ini adalah agar kita sebagai manusia lebih memperhatikan kembali kondisi alam saat ini dan memperlihatkan hubungan antara manusia dengan alam. Karena bumi memiliki magnet yang sangat kuat untuk menggoda manusia agar bisa menguasainya,” jelasnya.

Siluet potongan busana yang tegas namun ringan merepresentasikan karakter wanita yang lemah lembut namun dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Motif yang digunakan di dominasi pattern topografi bumi dan motif ikonik Ria Miranda dengan pengembangan baru yang terinspirasi dari ukiran kayu anak tangga klasik.

Pemilihan warna yang digunakan pada koleksi ini terinspirasi dari keindahan warna danau Kelimutu, Nusa Tengara Timur, dipadukan dengan warna–warna bumi seperti biru laut, biru langit, marun, dan cokelat lembut yang dikombinasikan dengan warna cerah seperti merah muda salmon, persik, dan kuning mustard.

“Prinsipia, looknya lebih ke looks yang traveling, stylingnya lebih ada aksesorisnya, topi, ada tasnya kita kembangkan. Kita tetap main motif, bahan-bahannya sendiri yang nyaman untuk harian, karena ini label Ria Miranda bukan signature, yang harian seperti katun, satin, juga bahan-bahan sifon,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement