Senin 05 Dec 2016 16:16 WIB

3 Hobi yang Menghasilkan Jutaan dalam Sebulan

Penata rias
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Penata rias

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang tentu memiliki hobi, tetapi tidak semua orang memiliki pekerjaan. Bahkan kadang pekerjaan yang mereka lakukan tidak sesuai dengan keinginan atau ekspektasi mereka. Di lain sisi, banyak yang menganggap hobi sebagai pemborosan uang. Sebenarnya, menyalurkan hobi tidak selamanya berarti menghabiskan uang percuma. Kecanggihan teknologi dan kreatifnya seseorang memungkinkan penyaluran hobi sebagai sumber penghasilan.

Terdapat 3 contoh hobi yang sebenarnya jika dilatih dapat menghasilkan jutaan setiap bulannya.

Hobi Rias Wajah

Jika Anda tergolong wanita (atau pria, siapa bilang pria tidak boleh?) yang mencintai kosmetik dan kecantikan, Anda dapat menjadikan hobi ini sebagai sumber penghasilan. Anda dapat mulai dengan menawarkan jasa rias untuk acara-acara, seperti acara ulang tahun, makan-makan besar hingga acara pernikahan. Biasanya, para perias wajah menawarkan jasa berkisar dari harga Rp 200 ribu sampai dengan Rp 400 ribu jika menginginkan paket lengkap untuk rias wajah serta tata rambut.

Anda dapat mulai menyusun portofolio riasan wajah dengan menggunakan wajah diri sendiri sebagai model, atau wajah ibu atau adik perempuan Anda. Unggah seluruh hasil seni Anda melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat biaya pemasaran dan lebih banyak orang yang akan mengetahui jasa Anda.

Jika Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa, Anda dapat menjadikan hobi ini sebagai pekerjaan tambahan yang dilakukan pada hari Sabtu dan Ahad. Dalam sehari bisa mendapatkan Rp 200 ribu hanya dengan bekerja maksimal 2 jam. Jika sehari mendapatkan pesanan contohnya 3 orang, Anda telah mengumpulkan Rp 600 ribu dikali dengan 4 maka secara total yang mampu didapatkan adalah Rp 2,4 juta. Bayangkan jika bekerja penuh waktu, pastinya penghasilan dari hobi ini akan lebih banyak lagi.

Hobi Fotografi

Seni fotografi adalah seni yang memamerkan keindahan suatu objek. Jadikan hobi ini sebagai sumber penghasilan. Anda dapat membuat video dan mengunggah hasil karya tersebut di situs online seperti Vimeo dan Youtube. Jika memang video itu unik dan menarik, akan banyak orang yang melihat dan berlangganan video Anda. Semakin banyak viewers dan subscribers, Anda akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya.

Banyak dari Youtuber terkenal memiliki pendapatan hingga puluhan juta atau bahkan miliaran dalam sebulan. Jika Anda cukup kreatif, tidak ada salahnya untuk mencoba. Selain melalui cara daring, anda pun dapat bekerja sama dengan teman membuat jasa fotografi untuk acara-acara atau dapat bekerja sama dengan EO (Event Organiser). Jasa ini akan dipakai sebagai dokumentasi pada saat acara. Ini juga memungkinkan Anda untuk bekerja sembari menyalurkan hobi.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement