Rabu 30 Nov 2016 06:07 WIB

3 Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Makassar

Rep: Gita Amanda/ Red: Dwi Murdaningsih
Pantai Bira di Tanjung Bira, Bulukumba Sulawesi Selatan
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Pantai Bira di Tanjung Bira, Bulukumba Sulawesi Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makassar tak hanya terkenal dengan kulinernya. Kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur itu juga memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Bukan hanya Pantai Losari dan Benteng Rotterdam, Makassar memiliki banyak lokasi wisata yang memiliki daya pikat. Wisata alamnya juga patut diperhitungkan. Berikut tiga wisata alam yang patut dijelajahi di Makassar:

Pulau Samalona

Samalona merupakan sebuah pulau indah yang berada di Selat Makassar. Untuk mencapau pulau ini wisatawan harus menempuh jarak dua kilometer dengan menggunakan perahu dari dermaga kota Makassar.

Pulau memiliki luas sekitar 2,34 hektare. Pulau ini memiliki pesona laut yang memikat seperti ikan tropis dan biota lautnya. Samalona memiliki laut yang jernih dengan hamparan pasir putihnya. Jangan lupa menyelam atau snorkeling di sekitar pulau.

Tanjung Bira

Sama dengan banyak wisata alam lain di Indonesia Timur, Tanjung Bira juga menawarkan pasirnya yang putih dan lembut. Pasir putih tersebut berpadu indah dengan jernih kebiruan.

Untuk berwisata ke Tanjung Bira pengunjung harus menempuh jarak sekitar 200 kilometer dari kota Makassar. Namun di lokasi ini fasilitas wisatanya cukup lengkap, mulai dari penginapan, restoran dan kamar mandi bilas. Pengunjung cukup merogoh kocek lima ribu rupiah untuk masuk ke kawasan Tanjung Bira.

Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate merupakan taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia. Luasnya hingga 220 ribu hektar dengan sebaran terumbu karang hingga 500 kilometer persegi.

Tempat ini merupakan surga wisata bagi para penyelam dan pecinta snorkeling. Pengunjung bisa berenang bersama ratusan jenis ikan, penyu dan kura-kura.

Tapu untuk menyelam di tempat wisata ini, pengunjung harus mendapat izin dari Balai Taman Nasional dengan membawa kartu identitas. Untuk memasuki taman laut ini wisatawan dikenakan biaya 25 ribu rupiah bagi pengunjung lokal dan 60 ribu wisatawan mancanegara. Pengunjung yang mau menyewa peralatan menyelam bisa menyewa dengan harga 250 ribu rupiah.

Agar nyaman berwisata, alangkah lebih baiknya memesan terlebih dahulu hotel untuk tempat Anda menginap di Makassar. Tak perlu repot, Hotel Airy Rooms, yang menyediakan hotel dengan harga terjangkau dapat diakses melalui aplikasi Android dan Apple Store. Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com .

Atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp). Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit. Selamat berwisata!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement