Ahad 27 Nov 2016 11:32 WIB

Jangan Dandan Saat Berkendara!

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Wanita mengemudi mobil.
Foto: Pexels
Wanita mengemudi mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan sering kali ditemui sedang memulas make up ketika mengendarai mobil. Padahal kegiatan wanita itu sangat membahayakan dan perlu dihindari.

Wanita memang dikenal dengan sosok yang multitasking, namun, berdandan ketika mengendarai sangat tidak dianjurkan. AKP Eny Kuswidiyanti Regama dari Korlantas menegaskan, dapat berdandan saat menyetir bukan sesuatu yang hebat atau mengagumkan.

Justru dengan berdandan saat menyetir akan membahayakan nyawa banyak orang di jalan. Namun, meski sangat berbahaya, ternyata AKP Eny cukup sering menemukan kegiatan tersebut ketika dia bertugas. "Banyak juga ditemukan istri yang menyuapi suaminya padahal dia lagi menyetir, atau orangtua yang memangku anaknya, ini berbahaya," ujar AKP Eny.

Sebagai perempuan seharusnya dapat memberikan contoh berkendara yang lebih baik. Sebab perempuan dinilai menjadi corong bagi yang lain untuk memberikan pemahaman tentang sesuatu hal.

Hal lain yang sering terjadi pada pengendara perempuan yaitu menyetel musik terlalu keras. Padahal musik tidak dalam volume wajar bisa membuat pengendara lalai dalam mensiagakan telinga untuk mendengar tanda-tanda dari pengguna jalan lain.

Di samping itu, ternyata mengobrol terlalu asik juga membahayakan. Jika tidak ada teman ngobrol di dalam kendaraan, biasanya menghubungi melalui telefon genggam, padahal hal tersebut sangat mengganggu konsentrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement