Ahad 20 Nov 2016 19:29 WIB

Wanita Jangan Gunakan Aksesoris Mencolok di Jalan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan berkendara. Ilustrasi
Foto: Telegraph
Perempuan berkendara. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita mulai sering ditemui mengendarai sendiri motor atau mobil. Namun, kekhawatiran keamanan dari kejahatan di jalan masih menjadi hantu menyeramkan.

Kejahatan di jalan raya terhadap perempuan sebenarnya bisa dihindari. Menurut Defensive Driving Instructor Road Safety Association (RSA) Citra Ayu Lestari, wanita yang mengendari kendaraan sebaiknya tidak menunjukkan sisi perempuannya.

Maksud dari sisi perempuan dengan mengenakan aksesoris perempuan berlebihan sehingga penjahat dapat mengidentifikasi. Sebaiknya berperilaku dan menggunakan aksesoris yang menyamarkan gender. "Tolong sembunyikan identitas wanitanya. Ini untuk menjaga diri dari kejahatan di jalan," kata Citra dalam acara "Queenriders #WomenRideSafe", Ahad (20/11).

Selain itu, Citra juga meminta agar mempersiapkan perencanaan perjalanan terlebih dahulu. Mempersiapkan diri, memeriksa kondisi kendaraan, biaya yang dibutuhkan, hingga membuat manajemen perjalanan.

Manajemen perjalanan yang perlu dilakukan termasuk jalanan yang akan dilalui, tempat peristirahatan yang aman, termasuk nomor telepon yang dapat dihubungi ketika ada kondisi darurat. Persiapan kendaraan sebenarnya, menurut Citra, tidak hanya terpaut pada wanita, kaum adam pun sebaiknya memperhitungkan hal yang sama untuk menjaga keamanan ketika berada di jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement