Kamis 24 Nov 2016 07:53 WIB

Para Pekerja, Ini 5 Hal yang Diam-Diam Dinilai Atasan Anda

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Hubungan baik dengan rekan-rekan kantor akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan.
Foto: Dailymail
Hubungan baik dengan rekan-rekan kantor akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain penilaian kinerja formal, para atasan atau manajer ternyata diam-diam memberikan penilaian 'nonformal' terhadap pekerja. Bahkan, beberapa hal dianggap jadi kesalahan klasik yang berdampak buruk pada karier seseorang.

Pasalnya, penilaian tersebut bisa jadi faktor yang mempengaruhi lama tidaknya promosi jabatan di kantor. Berikut beberapa hal yang diam-diam dinilai atasan dari pekerja, seperti disampaikan Amy Feind Reeves, pendiri dan CEO layanan konsultasi manajemen JobCoachAmy.

Jam kerja

Jangan kira atasan tidak memperhatikan setiap kali Anda datang terlalu awal atau justru terlambat. Jadi, akan sangat membantu jika Anda berinisiatif mengambil jam tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan ekstra.

Memahami pekerjaan dengan baik

Pekerja yang memahami pekerjaannya dengan baik akan memudahkan dirinya sekaligus atasan. Ia juga akan lebih terlatih menyederhanakan proses dalam bekerja, seperti saat pengumpulan atau analisis data.

Keterampilan organisasi

Menjadi terorganisir bukan sekadar memiliki meja yang rapi atau pengarsipan berdasarkan warna, walau itu juga membantu. Kemampuan organisasi yang baik termasuk selalu memiliki jawaban atas pertanyaan manajer dan memberikan dokumentasi seperti yang diminta.

Hubungan dengan kolega lain

Hubungan baik dengan rekan-rekan kantor akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan. Selain itu, seseorang yang mendapat respek dan dipercaya kolega di kantor juga jadi pertimbangan atasan mempercepat promosi jabatannya.

Keinginan memperbaiki diri

Berinisiatiflah untuk meminta kritik konstruktif dari atasan atau manajer mengenai kinerja Anda. Meski jawabannya bisa menimbulkan rasa tak nyaman, hal itu akan membantu penyelesaian tugas-tugas utama Anda sekaligus mendukung proses manajerial perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement