Rabu 23 Nov 2016 12:27 WIB

Pilih Kerja atau Usaha? Ini Jawabannya

Wanita bekerja
Foto:
Menjadi pengusaha

Kelebihan usaha

Bagi Anda yang berjiwa petualang dan penakluk tantangan, dirasa usaha akan lebih cocok dan juga sesuai. Usaha memang terkenal sulit, namun semua proses dari awal hingga menghasilkan sesuatu semua dihasilkan sendiri. sehingga hasil yang didapatkan terkadang lebih dari ekspektasi bahkan meraih kesuksesan lebih dari para orang yang bekerja. Selain itu usaha menjadikan Anda sebagai pemilik dan pemimpin pada perusahaan Anda sendiri, bukan lagi pekerja yang dititah oleh atasan. Semua dikendalikan oleh diri sendiri.

Hal lain yang diambil dari kelebihan usaha adalah tidak terikatnya Anda dengan berbagai peraturan yang menyulitkan. Jika diartikan usaha maka Anda bisa menyesuaikan jam kerja dengan kegiatan sehari-hari. Tidak perlu seperti bekerja datang pagi, pulang malam dengan pendapatan yang segitu-segitu saja.

Kekurangan usaha

Kekurangan usaha sebenarnya cukup banyak. Hal pertama adalah sulitnya membangun usaha, terutama jika dari nol atau dari awal. Proses yang tidak bisa ditebak apakah panjang atau pendek merupakan hal yang harus dihadapi para pengusaha. Kekurangan lainnya dari usaha adalah Anda harus memiliki kontrol diri yang baik. Anda bekerja untuk sendiri dan dihasilkan untuk sendiri, jika memiliki karyawan maka hidup karyawan ada di tangan Anda.

Dengan adanya hal tersebut maka Anda tidak bisa egois dan melalaikan tugas yang dilakukan karena tanggung jawab sebagai pengusaha sangat besar. Kekurangan terakhir dari usaha yakni tidak adanya tunjangan hidup jika tidak direncanakan sendiri. Bagi para pekerja, perusahaan akan memberikan tunjangan gratis untuk mereka. Namun untuk pengusaha, jika tidak mengusahakan investasi sendiri untuk diri mereka. Maka para pengusaha tidak akan bisa menikmati tunjangan apapun, seperti tunjangan hari tua, kesehatan dan lainnya. Anda sebagai pengusaha harus pintar-pintar mengelola uang dan menggolongkannya.

Keduanya Sama-Sama Menghasilkan Uang

Terlepas kelebihan dan kekurangan usaha atau kerja keduanya sama-sama menghasilkan uang dan memberikan pelajaran bahwa mencari uang tidaklah mudah. Baik usaha maupun kerja akan mendatangkan kerugian jika tidak menjadi pribadi yang bijaksana. Tetap berusaha apapun profesinya, semua kembali pada passion atau keinginan dan talenta Anda apakah lebih baik bekerja sama dan menjadi seorang pekerja disebuah perusahaan sukses atau justru ingin menaklukan tantangan dengan menjadi seorang pengusaha sukses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement