Senin 21 Nov 2016 08:32 WIB

Dari Mana Asal Mula Tantangan Mematung Mannequin Challenge?

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Mannequin Challenge
Foto: ist
Mannequin Challenge

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 2010 lalu, planking menjadi tantangan yang banyak dilakukan netizen di sosial media. Dua tahun lalu, Ice Bucket Challenge mendominasi video-video viral di seluruh situs jejaring sosial.

Kini, video-video Mannequin Challenge sedang menggila di media sosial. Banyak orang mengikuti tantangan untuk meniru mannequin, alias patung orang di toko yang biasanya mengunakan pakaian untuk dipromosikan, saat kamera diarahkan ke mereka dan musik yang menjadi latar belakang dimainkan. Tagar #MannequinChallenge pun mewarnai linimasa media sosial.

Dilansir The Telegraph, Mannequin Chellenge menggunakan lagu Rae Sremmurd yang dibawakan Black Beatles dengan menampilkan Gucci Mane. Dalam sebuah konser di Denver, Amerika Serikat, duo hip hip itu melakukan tantangan tersebut di atas panggung.

Tapi Mannequin Challenge pertama kali dilakukan di sebuah sekolah menengah atas bulan lalu. Sejak itu, tantangan ini menggila di sosial media. Ribuan unggahan telah muncul secara daring.

Belum diketahui apakah tantangan baru ini akan sebesar Ice Bucket Challenge. Sebab untuk saat ini ada sumbangan yang diberikan demi mendanai penelitian mengenai penyakit Motor Neurone Disease (ALS).

Direktur Pengembangan Riset di Assosiasi Motor Neurone Disease (MND) senang pendekatan ini bisa memberikan hasil yang akan membuka jalan baru dari penelitian di seluruh dunia. "Ini sangat menggembirakan melihat kolaborasi ini," ujarnya.

Sejumlah nama populer pun sudah ikut dalam tantangan ini. Salah satunya adalah Hillary Clinton.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement