Rabu 23 Nov 2016 07:57 WIB

Menikmati Es Krim di Bangunan Bersejarah Kota Malang

Es krim toko oen.
Foto: surabaya.panduwisata.id
Es krim toko oen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wisata kuliner adalah salah satu jenis wisata yang digemari banyak orang. Barangkali termasuk Anda, bukan? Nah, apabila Anda sedang berkunjung ke kota Malang, jangan lupa untuk mencicipi beragam rasa es krim legendaris di toko ini. Anda pasti pernah mendengarnya. Ya, ini adalah Toko Oen yang bersejarah.

Lokasi Toko Oen terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat nomor 5, Kauman Klojen, Kota Malang. Toko yang terkenal dengan variasi rasa es krim, kue-kue, dan makanan spesial lainnya ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai tutup sekitar jam 9.30 malam.

Di dalam toko, Anda dapat melihat foto-foto zaman dahulu yang sengaja dipajang oleh pemilik Toko Oen. Tidak heran jika para wisatawan yang berlibur ke Malang selalu menyempatkan untuk menikmati makanan dan minuman di Toko Oen. Anda pasti meneteskan air liur melihat varian rasa es krim yang dijual di sini, meski harganya agak mahal.

Selain menjual es krim, Toko Oen juga memiliki banyak menu makanan dan minuman yang menggugah selera. Seperti aneka steak, nasi goreng, kue-kue tradisional, atau cake modern. Anda dapat mencicipi Bistik Galantine dan Bistik Lidah dari sekian banyak pilihan menu makanan yang rasanya enak dan akan membuat perut Anda kenyang.

Daya tarik utama dari Toko Oen selain menu yang dijual dan bangunannya, adalah sejarah restoran itu sendiri. Menurut sejarah, toko ini awalnya berdiri di Yogyakarta pada tahun 1910 oleh Liem Gien Nio atau Oma Oen dalam bahasa Belanda. Oma Oen adalah istri dari Oen Tjoen Hok.

Konon ada sekitar 4 cabang restoran di seluruh Indonesia, yaitu Yogyakarta (1910-1937), Jakarta (1934-1973), Malang (1930-1990), dan Semarang (1936-sekarang). Pada tahun 1922, toko ini bertransformasi dari restoran yang hanya menjual kue kering saja menjadi restoran yang menyajikan es krim sebagai menu utamanya.

Cita rasa yang diambil untuk menu di sini adalah cita rasa Belanda, Tionghoa, dan Indonesia. Kemudian pada tahun 1934, cabang baru dibuka yaitu di Malang dan Batavia. Di tahun 1935, Opa Oen membeli bangunan di Semarang dari seorang pria berkebangsaan Inggris dan mendirikan restoran di sini. Bangunan inilah yang dikenal sebagai Toko Oen di Semarang yang masih berdiri sampai sekarang.

Pada tahun 1973, restoran yang terletak di Jakarta dibeli oleh salah satu bank dan bangunan aslinya dirobohkan. Sedangkan untuk restoran cabang Malang, pada tahun 1990 bangunan ini dibeli dan dijadikan tempat penjualan mobil. Sebagai cara untuk melestarikan bangunan kuno, pemerintah kota Malang mengubah kembali bangunannya menjadi restoran Toko Oen seperti sekarang.   

Anda ingin mencoba menikmati berbagai sajian lezat di Toko Oen Malang? Segera kunjungi kota yang terletak di Jawa Timur ini dan jangan lupa memesan hotel atau penginapan di sana. Anda tidak perlu repot lagi. Sekarang Anda dapat memesan hotel atau penginapan dari Airy Rooms, yang menawarkan harga hotel yang murah di Malang.

Airy Rooms adalah jaringan hotel terbesar di Indonesia yang bekerja sama dengan partner kami. Booking hotel murah di Malang lewat Airy Rooms, Anda pasti akan mendapatkan akomodasi yang sangat terjangkau. Tamu hotel akan mendapat 7 fasilitas utama, seperti tempat tidur bersih, shower air hangat, AC, TV layar datar, air minum dan WiFi gratis, serta peralatan mandi.

Anda bisa booking hotel di Malang melalui situs resmi dan aplikasi Airy Rooms yang dapat diunduh dan dipasang di ponsel Android atau iPhone, juga webiste www.airyrooms.com. Cara pembayarannya pun mudah, Anda dapat langsung mentransfer biaya hotel atau bisa menggunakan kartu kredit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement