Sabtu 12 Nov 2016 11:47 WIB

Cara Instan Membersihkan Rumah Bagi Si Pemalas

Membersihkan rumah.
Foto: Republika/Prayogi
Membersihkan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak jarang orang merasa enggan bersih-bersih rumah karena rasa malas. Rasa yang muncul ketika melihat rumah begitu berantakan, kotor, dan tidak tahu harus mulai dari mana untuk bersih-bersih. Padahal ingin hati rumah menjadi bersih, rapi, dan sedap dipandang.

Jika ini masalah Anda, yuk simak sejenak ulasan berikut. Ada beberapa tips kreatif untuk membuat rumah jadi bersih, khusus untuk para pemalas. Cara yang mudah, instan dan menyenangkan, asal diterapkan secara konsisten, antara lain adalah:

Bersih-Bersih Harian

Jangan pikirkan kegiatan yang berat dan rumit. Cukup bersih-bersih sederhana untuk dikerjakan setiap hari secara konsisten. Caranya mudah, cepat, dan ringan. Tujuannya menjaga rumah tetap rapi. Misalnya seperti merapikan tempat tidur, mengembalikan barang ke tempatnya, menyapu rumah, membuang sampah yang sudah menumpuk, mencuci piring, gelas, dan peralatan kotor lainnya.

Bersih-Bersih Mingguan

Cukup dilakukan seminggu sekali, misalnya saat libur atau akhir pekan. Kegiatan ini sedikit membutuhkan waktu, tapi masih dalam batas wajar dan mudah dikerjakan. Di antaranya seperti bersihkan perabotan yang berdebu, bersihkan kamar mandi, bersihkan kaca, mengganti seprai kasur, dan mengepel lantai.

Bersih-Bersih Bulanan

Untuk bulanan dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih beasr. Jadi, sebaiknya Anda melakukan di waktu libur, agar lebih relaks dan menyenangkan. Anda pun bisa bersih-bersih sambil mendengarkan musik favorit untuk menambah semangat. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti membersihkan seluruh bagian dapur, membersihkan kebun atau taman, menata ruangan kembali agar lebih rapi dan segar.

Bila Anda menerapkan cara di atas dengan konsisten, rasa malas dan bingung saat harus bersih-bersih rumah bisa terpecahkan. Lakukan secara bertahap dan perlahan, hingga menjadi kebiasaan dan membuat rumah lebih nyaman dan menyenangkan.

sumber : Rumahku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement