Sabtu 12 Nov 2016 06:04 WIB

Berburu Kuliner Paling Hit di Medan

Bolu meranti.
Foto: bolumeranti.co.id
Bolu meranti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Medan adalah sebuah kota besar di Sumatra yang menjadi pintu masuk ke beberapa objek wisata populer di Indonesia. Sebut saja, Danau Toba, danau terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, Medan selalu menjadi tempat persinggahan wajib para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Tidaklah lengkap jika berkunjung ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Salah satu kuliner khas Medan yang sangat terkenal adalah Bika Ambon, kue berwarna kuning dengan bentuk berpori. Selain itu, ada pula jenis kue lain yang asli berasal dari Medan dan sering kali menjadi buah tangan wisatawan, yaitu Bolu Meranti.

Terkenalnya Bolu Meranti sebagai oleh-oleh khas Kota Medan ternyata memiliki sejarah panjang. Kue berjenis bolu gulung ini mulanya dibuat oleh seorang ibu rumah tangga bernama Nyonya Ai Ling. Wanita ini sejak muda senang membuat kue dan mulai rajin berkreasi sejak ia menikah dan memiliki anak.

Berkat ketekunannya, bisnis bolu pun mulai berkembang dan dikenal banyak orang. Awalnya, ia hanya menitipkan dagangan di rumah saudaranya yang bermukim di Jalan Meranti. Karena pesanan semakin banyak, Nyonya Ai Ling pun mulai menyeriusi usaha tersebut dan menggunakan nama Meranti sebagai merek dagang.

Jika dilihat sekilas dari penampilannya, Bolu Meranti tak ada bedanya dengan bolu gulung lain. Namun, jika Anda pernah mencicipinya, Anda pasti akan mengakui rasanya yang istimewa, teksturnya yang lembut, serta aromanya yang memikat. Tak heran, karena Bolu Meranti dibuat dengan komposisi butter dan margarin yang dominan. Selain itu, adonannya dibuat dengan bahan-bahan lain yang berkualitas tinggi.

Ada berbagai varian rasa bolu yang tersedia, antara lain bolu gulung standar dengan rasa keju, moka, nanas, stroberi, cappuccino, blueberry, dan kacang. Bukan hanya itu, ada pula bolu gulung spesial rasa abon ayam yang dipadukan dengan krim mayones.

Pilihan lain adalah bolu gulung spesial rasa dobel cokelat yang memadukan meses cokelat dan cokelat batang. Ada pula bolu gulung 3 in 1, bolu mini berisi 3 jenis rasa, yaitu keju, blueberry, dan cokelat. Nah, jika ingin ekstra topping keju atau cokelat, Anda pun boleh menambahkannya.

Kini, bisnis oleh-oleh ini diurus oleh keempat anak Ai Ling, yaitu Rika, Rissa, Kusno, dan Tommy. Mereka memiliki tugas masing-masing untuk membuat bisnis penganan itu terus berjalan. Dari rumah mereka di Jl. Kruing, Bolu Meranti diproduksi setiap hari. Toko mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sementara itu, toko cabang yang terletak di Jl. Sisingamangaraja dibuka pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sejak pagi, para pembeli sudah mulai antre demi mendapatkan Bolu Meranti untuk dibawa sebagai buah tangan.

Sayangnya, pemilik Bolu Meranti tidak melayani penjualan secara online. Oleh karena itu, jika Anda ingin menikmati cita rasa khas oleh-oleh Medan ini, Anda sebaiknya datang langsung ke Medan. Soal akan menginap di mana, tidak perlu khawatir lagi. Kini, ada banyak hotel atau penginapan murah di Kota Medan.

 

Anda bisa langsung booking hotel murah melalui Airy Rooms, jaringan hotel terbesar di Indonesia. Dengan harganya yang murah, fasilitasnya cukup lengkap. Di setiap kamar telah tersedia AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. Pemesanannya dapat dilakukan melaui Android dan iOS App, atau di situs www.airyrooms.com. Pembayarannya bisa dengan transfer bank maupun kartu kredit. Sangat mudah bukan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement