Kamis 13 Apr 2023 09:20 WIB

Puluhan Brand Lokal Bergabung di Medan Dessert Week Bulan Depan

Medan Dessert Week dibuka dengan keramaian di Sun Plaza.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Setelah sukses dengan Jakarta Dessert Week, kegiatan Medan Dessert Week akan digelar pada Mei 2023.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Setelah sukses dengan Jakarta Dessert Week, kegiatan Medan Dessert Week akan digelar pada Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sukses menarik perhatian pecinta kuliner di Jakarta, Jakarta Dessert Week (JDW) secara perdana melebarkan sayapnya ke luar Jakarta. Yaitu melalui festival Medan Dessert Week (MDW) selama 18 Mei-4 Juni 2023.

Sebagai perpanjangan dari JDW, MDW merupakan platform kreatif yang dibuat atas inisiatif para pendirinya, yakni Gupta Sitorus, Talita Setyadi, Primo Rizky, Kevindra Soemantri, dan Tria Nuragustina. Di konferensi pers yang berlangsung 11 April 2023 di TS Cafe by Talaga Sampireun Menteng, turut diperkenalkan mitra penyelenggara, Albert Arden, pegiat di industri ekonomi kreatif di Medan.

Baca Juga

MDW akan dibuka dengan keramaian DESSERT MARKT: A Pop-Up by Medan Dessert Week selama 18 Mei-21 Mei di Sun Plaza, Medan sebagai perkenalan ke masyarakat Medan.

“Jadi setelah event puncak di sana itu akan diikuti beberapa event-event kecil di cafe di Kota Medan sampai tanggal 4 Juni,” ujar Albert  dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Dengan talenta lokal yang sarat potensi, Albert mengungkapkan, tawaran hidangan penutup (dessert) dan pastry di Medan begitu berwarna. “Kami ingin Medan tak sekadar kue tradisional, tapi juga dikenal dengan dessert modern-nya,” katanya.

Sementara itu Co-Founder JDW Gupta Sitorus menambahkan MDW di Sun Plaza akan diikuti oleh 50 merchant (terdiri dari 40 merchant lokal dan 10-nya akan dialokasikan dari brand-brand Jakarta). Mereka akan menyajikan kreasinya yang akan bisa dinikmati atau dirasakan oleh seluruh pengunjung mal dan masyarakat Medan maupun Sumatra Utara.

“Kita sudah mendapatkan tujuh sampai delapan brand (Jakarta) yang sangat ingin mencoba market ke Medan,” ujar Gupta.

Selain acara di Sun Plaza, nantinya akan ada Restaurant Week, di mana nantinya pihak penyelenggara memilih secara tetap merchant-merchant atau toko-toko yang dianggap memiliki narasi hidangan penutup yang baik.

Kemudian, pihak penyelenggara juga selalu mencoba menantang para pelaku hidangan penutup dengan tema tertentu. “Jadi kami akan membuat sebuah tema khusus untuk Medan Dessert Week yang akan kami setorkan ke para sektor dessert ini, kemudian mereka akan membuat varian-varian berdasarkan tema tersebut. Nah varian tersebut hanya bisa didapatkan luring (di) Medan Week Dessert,” kata Gupta.

Dia menambahkan pihak penyelenggara juga mengundang beberapa chef selebritas yang diharapkan dapat hadir di MDW untuk berbagi pengetahuan, sehingga terjadi sebuah pertukaran informasi yang masif antara Jakarta dan Medan.

 Selain itu, tim penyelenggara juga mendorong beberapa chef untuk melakukan pop-up di merchant lokal di Medan. Jadi, chef akan masuk ke dapur merchant lokal di Medan untuk membuat menu spesial.

“Kalau bikin menu kan terjadi interaksi yang sangat intens ya. Muncul interaksi, kemudian bertukar standar,” ujar Gupta.

MDW dan DESSERT MARKT di Sun Plaza diharapkan dapat mengangkat pelaku hidangan lokal mempromosikan kekayaan kuliner lokal, memperkenalkan kreasi dessert inovatif, serta menginspirasi komunitas kuliner dengan berbagai kegiatan menarik. Melalui berbagai kudapan manis yang memukau, keduanya diharapkan dapat menjadi salah satu atraksi bagi turis yang ingin menjadikan Kota Medan sebagai destinasi wisata kuliner mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement