Jumat 04 Nov 2016 14:49 WIB

Steven Seagal Dapat Kewarganegaraan Rusia dari Putin

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Steven Seagal dan Valdimir Putin
Foto: Reuters
Steven Seagal dan Valdimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pemerintah Rusia memberikan status kewarganegaraan terhadap aktor sekaligus ahli seni beladiri asal Amerika Serikat, Steven Seagal. Pemberian status kewarganegaraan ini disebut-sebut sebagai perintah langsung dari Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Pamor dan popularitas Seagal sebagai aktor dan ahli beladiri Aikido dianggap sebagai alasan utama Pemerintah Rusia memberikan gelar warga negara.

''Dia dikenal baik sebagai aktor. Inilah yang membuat kami memberikan status kewarganegaraan Pemerintah Federal Rusia,'' ujar juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dilansir Rusia Times, Jumat (4/11).

Menurut Peskov, selama ini Seagal memang terus berupaya untuk bisa menjadi warga negara Rusia. Pemberian status warga negara Rusia terhadap Seagal ini pun disambut oleh Wakil Perdana Menteri Ryusia, Dimitry Rogozin. ''Saya memberikan selamat kepada teman saya, Steven (Seagal), karena faktanya, sekarang dia telah menjadi kompatriot kami,'' tulis Rogozin di akun twitter resmi miliknya.

Jika menilik garis keturunan Seagal, aktor berusia 64 tahun itu memang memiliki nenek yang berasal dari Rusia, tepatnya dari Vladivostok. Sebelum akhirnya dia hijrah ke Amerika Serikat, tempat dimana Seagal dilahirkan dan dibesarkan.

Seagal memang dikenal dekat dengan Pemerintah Rusia. Pada dekade 90an, Seagal kerap mengunjungi Rusia dan membuka franchise 'Planet Hollywood' di Moskow.

Tidak hanya itu, pada 2013, Seagal juga menjadi brand ambassador pabrik senjata asal Rusia, Orsis. Pada saat itu, Seagal sempat berkata,''Rusia dan Amerika seharusnya menjadi sekutu yang kuat. Kami harus menunjukan contoh untuk menciptakan perdamaian di dunia.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement