Kamis 03 Nov 2016 08:19 WIB

Tips Merawat Kulit yang Baik

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Perempuan sedang merawat kulitnya
Foto: flickr
Perempuan sedang merawat kulitnya

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Rutinitas perawatan kulit apa yang biasa Anda lakukan? Membersihkan wajah, menggunakan SPF, atau apa? Bagaimana sih sebenarnya tahapannya?

Dokter spesialis kulit dan kelamin Klinik Sakti Medika, Tina Wardhani Wisesa, mengatakan kita harus mengetahui jenis kulit wajah terlebih dahulu, apakah berminyak, normal, atau kering. Selanjutnya, baru menentukan langkah pembersihan wajah seperti apa yang terbaik.

Ia mengatakan membersihkan wajah tidak boleh diabaikan karena kulit mudah terpapar kotoran dan bakteri. Minimal pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Biasakan menggunakan body lotion atau body serum ke seluruh tubuh setelah mandi pagi dan sore agar mempercepat penyerapan. Serta selalu gunakan sun block baik di dalam maupun luar ruangan.

Banyak orang beranggapan ketika menggunakan SPF tinggi maka sudah menjamin perlindungan sepanjang hari. Padahal, Tina mengatakan SPF rendah atau tinggi menandakan berapa lama kita harus mengoleskan kembali dan tergantung juga dari jenis kulit serta kondisi lingkungan.

Penggunaan sun block dan SPF ini paling penting untuk menghindari kulit belang. Jika Anda melakukan kegiatan di luar ruangan lebih banyak, Tina menyatakan memmilih produk dengan SPF yang lebih besar. Ketika berada di luar dalam jangka waktu lama atau berada di pantai dengan paparan sinar matahari langsung, yang paling penting cara pengolesannya.

Menurut Tina, cara yang tepat adalah gunakan SPF 30 menit sebelum beraktivias, supaya menyerap lebih dahulu. Sayangnya dia melanjutkan, banyak yang menggunakan SPF atau sun block, sesaat ketika mau berenang. Maka saat masuk ke air, sun block akan hilang terbawa air.

Ketika berenang, ulangi pemakaian sun block setiap sejam sekali. "Jangan hanya sekali pakai, karena tidak tahan seharian, harus digunakan berulang," katanya.

Satu hal lagi, dia menambakan, jangan menggunakannya tipis-tipis. Karena hasilnya tidak akan efektif. “Itulah yang membuat jadi tidak efektif, ketebalan dan pemilihannya harus tepat. Kalau di Indonesia gunakan SPF yang di atas 15. Bahkan di indoor pun dianjurkan menggunakan SPF,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement