Rabu 02 Nov 2016 14:53 WIB

Mengenal Kulit dan Manfaatnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)
Foto: Health
Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit adalah organ tubuh paling luar. Tidak heran beragam upaya dilakukan demi menjaga kesehatannya. Karena itu ada baiknya kita mengenal kulit dan manfaatnya.

Menurut dokter spesialis kulit dari Klinik Sakti Medika, Tina Wardhani Wisesa, kulit merupakan organ tubuh yang terluas. Luas kulit orang dewasa sekitar 1,5 meter persegi. Berat kulit orang dewasa sekitar 15 persen dari berat badan. Sedangkan ketebalan kulit berkisar satu sampai lima milimeter.

Kulit juga berhubungan langsung dengan lingkungan. Kulit melindungi organ tubuh bagian dalam karena memang posisi kulit berada di bagian paling luar. Sehingga kulit bisa diraba, dilihat dan hidup.

Kulit bisa menyokong penampilan, kepribadian dan tanda kehidupan. Karena itu kulit perlu perawatan yang tepat dan benar. "Perawatan sedini mungkin dengan pola perawatan disesuaikan usia dan jenis kulit," ujarnya dalam media workshop The Nivea Experience di Jakarta, Rabu (2/10).

Untuk jenisnya, Tina mengatakan kulit terbagi dalam lima jenis. Yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif dan kulit kombinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement