Selasa 25 Oct 2016 16:18 WIB

5 Cara Mengatur Keuangan untuk Mahmud

Ibu muda dan anak-anaknya.
Foto:
Ibu muda dan anak kembarnya.

Hidup hemat dan sederhana

Memilih opsi hidup sederhana sangatlah penting untuk mahmud. Berhemat pada kehidupan sehari-hari sangat membantu Anda untuk mengelola keuangan dengan sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhemat.

Sebagai contoh, mulailah dari kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari seperti makan. Untuk menghemat uang makan, Anda dapat memasak dan membawa bekal untuk suami. Dengan memasak Anda pun menjaga keluarga untuk lebih sehat. Hidup hemat dan sederhana tidak hanya dapat membantu keuangan masa sekarang, tetapi juga keluarga ke depannya.

Menabung dan berinvestasi

Sebagai ibu dan istri yang baik, Anda harus mampu menabung karena tabungan ini akan berperan besar untuk keluarga pada masa depan. Setelah menyusun anggaran bulanan, sisihkan sedikit dana untuk ditabung. Anda pun akan lebih tenang mengatur keluarga karena telah memiliki tabungan sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika keluarga membutuhkan dana darurat.

Setelah menabung, pastikan berinvestasi. Mulailah dengan modal rendah, dan produk investasi yang Anda kenal seperti produk asuransi yang menawarkan investasi sekaligus perlindungan. Dengan berinvestasi, Anda mengamankan uang untuk kebal terhadap dampak negatif dari inflasi.

Carilah pekerjaan tambahan

Memang sedikit sulit bagi mahmud untuk mencari pekerjaan tambahan karena faktor anak yang masih kecil. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan perkembangan teknologi pada masa sekarang, contohnya Anda dapat mencari pendapatan tambahan dengan berjualan daring.

Anda tidak perlu meninggalkan buah hati dan berjualan daring tidak memerlukan modal yang besar, hanya rajin dan telaten. Mencari pendapatan tambahan memungkinkan memenuhi kebutuhan sekunder atau berinvestasi dan menabung lebih banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement