Selasa 18 Oct 2016 16:29 WIB

10 Bisnis yang Sedang Tren di Anak Muda

Bisnis restoran merupakan salah satu usaha yang digemari anak muda.
Foto: ist
Bisnis restoran merupakan salah satu usaha yang digemari anak muda.

REPUBLIKA.CO.ID, Anak muda saat ini tidak melulu mengejar karier sebagai pegawai kantoran. Anak muda saat ini mempunyai pemikiran yang terbuka dan ingin menjadi dirinya sendiri tanpa harus bekerja untuk orang lain. Hal inilah yang menjadikan banyak anak muda berusia 20 tahunan berani membuka usaha. Ternyata peran kreatif dari anak-anak muda tersebut telah memberikan sumbangan besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Tentu saja segala kemudahan dan kesempatan lebar telah diberikan seiring dengan perkembangan teknologi digital masa kini.

Bisnis apa saja yang banyak digeluti anak muda zaman sekarang? Mari kita simak uraian lengkap artikel berikut ini:

Online shop

Jika Anda sangat aktif di berbagai sosial media, maka bisa jadi Anda akan sering melihat beranda facebook Anda berisi orang-orang yang menjual dagangannya. Begitu juga dengan Twitter dan Instagram banyak bermunculan Tweet yang berisi jualan pakaian, buku, aksesoris, handphone dan lainnya. Jualan online atau online shop bisa menjadi langkah awal Anda untuk memulai bisnis online yang berhasil.

Bisnis kuliner

Semua orang pasti menyukai makanan, apalagi jika makanannya unik, khas dan dikemas dengan tempat makan yang cozy, maka akan menjadi tempat kuliner yang ramai oleh pengunjung. Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dilakukan anak muda.

Membuka kafe

Jangan meremehkan kekuatan kopi. Ya, minuman berwarna hitam ini bisa menjadi magnet yang bisa menarik banyak uang. Membuka kafe dengan menyajikan kopi sebagai menu utama menjadi salah satu bisnis yang banyak digeluti anak muda. Jika mempunyai kafe yang nyaman, dibalut dengan kopi yang nikmat, bisa jadi harga mahal pun akan tetap laris terjual.

Industri kreatif

Industri kreatif ini biasanya lebih cenderung sebagai penyalur hobi bagi pelakunya. Kemampuan dan hobi terhadap bidang tertentu yang dikelola secara kreatif bisa menjadikannya bisnis yang menarik. Beberapa jenis usaha kreatif yang sering dilakukan anak muda adalah membuat produk-produk digital seperti aplikasi untuk memudahkan orang dalam menjalani gaya hidup seperti Gojek, Traveloka, dan sebagaimana.

Software developer

Industri teknologi informasi masih akan terus berkembang di masa depan, hal inilah yang menjadikan banyak anak muda mengembangkan bisnis software developer. Salah satu bisnis developer yang sangat sukses adalah fenomena flappy bird, gim sederhana buatan pemuda vietnam ini berhasil membukukan miliaran rupiah untuk developernya. Nah, bagaimana dengan Indonesia? Ada banyak aplikasi yang sudah diciptakan anak muda negeri ini, seperti Gojek, Traveloka, dan sebagaimana.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement