Sabtu 15 Oct 2016 20:40 WIB

Kreatif Rakit Gundam dengan Trik Luka

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Robot rakitan Gundam
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Robot rakitan Gundam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kreativitas menjadi salah satu poin penilaian penting dalam ajang Gundam Builders World Cup (GBWC). Untuk itu, peserta sudah seharusnya menambahkan hal lain di luar konsep Gundam rakitannya.

Penambahan luka pada salah satu bagian Gundam merupakan salah satu contoh yang bisa ditiru para peserta ke depannya. Dalam hal ini termasuk para penggemar Gundam rakitan. Oleh sebab itu, Master Gundam dari Jepang, Katsumi Kawaguchi mencoba membagikan trik sederhana menghasilkan luka pada Gundam.

Setelah berkelahi, salah satu bagian tubuh Gundam biasanya akan timbul luka. Atau, dapat  juga akibat dari terkena gesekan meteor saat terbang di luar angkasa. Karena terbangnya vertikal, lukanya tentu akan membekas di kepala, pundak maupun di sayap atas Gundam. “Saya ambil bagian sayap atas Gundam untuk dibuat luka,” kata Katsumi di Mall Kasablanka, Jakarta, Sabtu (15/10).

Untuk membuat luka terkena meteor, Katsumi menggunakan carter. Caranya, hanya perlu ditekan untuk menghasilkan garis lalu diteruskan sampai ke belakang. Luka yang dihasilkan harus seolah-olah Gundam tertabrak atau terkena gesekan meteor. Tidak hanya di situ, upayakan tampilkan luka kecil-kecil di sekitar area tersebut.

Agar semakin baik hasilnya, Katsumi menggunakan warna logam di area luka Gundam. Dia mencoba mengaplikasikan cat perak tersebut ke area sayatan yang telah dibuat sebelumnya. Saat mengaplikasikan warna, jangan lupa menggunakan kuas kecil dan usap perlahan-lahan agar tidak berantakan. “Kalau berantakan, hal yang termudah adalah membersihkan dengan menggunakan thinner pada kapas korek kuping,” kata dia.

Di kesempatan sama, Katsumi juga menjelaskan, cara menghasilkan luka tembak pada tameng Gundam. Menurut dia, tekniknya hampir serupa dengan sebelumnya. Hanya saja luka yang dihasilkan harus berbentuk lubang dan sayatan kecil di sekitarnya. “Ini bisa juga pakai jarum pentul yang dipanaskan terus ditusuk ke tameng Gundam yang berbahan plastik untuk menghasilkan lubang,” tambah dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement