Jumat 07 Oct 2016 00:22 WIB

Empat Kunci Sukses Berbisnis Menurut Edvan Kautsar

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Pebisnis muda. Ilustrasi
Foto: CNN
Pebisnis muda. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi pebisnis yang punya penghasilan besar sejak belia bukanlah hal muluk yang mustahil. Hal itu dibuktikan oleh pengusaha muda Edvan Muhammad Kautsar yang mulai berbisnis sejak usia 14 tahun.

Pemuda kelahiran Tasikmalaya, 2 Juni 1993 itu mengatakan, kesuksesan adalah hak setiap orang tanpa terkecuali. Untuk para pemuda yang tertarik menjadi pengusaha, Edvan membeberkan rahasia sukses berbisnis.

"Ada empat garis besar yaitu passion, vision, mission, dan action," ucap Edvan yang mendapatkan predikat The Youngest Motivator of ASIA dari Entrepreneur Festival pada tahun 2012.

Penulis buku Dreams Come True itu menyebutkan, setiap orang perlu menemukan passion dalam diri masing-masing. Menurut ia, orang yang menjalankan pekerjaan dan bisnis berdasarkan passion akan selalu semangat dan tak pernah lelah.

Pekerjaan yang dikerjakan maksimal karena semangat tinggi itu, kata Edvan, akan membuat seseorang ahli di bidangnya sehingga sukses dan berprestasi. Penemuan minat itu selanjutnya membuat seseorang mudah menetapkan visi dan misi alias tujuan besar dalam berbisnis.

Edvan mencontohkan dirinya yang punya minat tinggi dalam berbicara sehingga memutuskan untuk mendirikan lembaga pelatihan motivasi Kautsar Management. Ia juga menetapkan visi menjadi motivator terbaik yang bermanfaat dengan dicapai melalui misi terus belajar, menulis buku, hingga membuat laman pribadi.

"Setelah itu, menyusun langkah-langkah untuk meraih semuanya, termasuk mencari modal dan mitra. Langsung ke tahap action dan dieksekusi satu per satu," ujar pria yang juga mengelola usaha kuliner KautsarDimsum, Travel Umroh dan Haji Plus, termasuk beberapa usaha di bidang properti dan perkebunan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement