Jumat 07 Oct 2016 12:03 WIB

Bertahan dengan Gaji di Bawah UMR

Pendapatan dari bekerja alias gaji.
Foto:
Pendapatan dari bekerja alias gaji.

Berhemat

Dengan memiliki penghasilan pas-pasan, tentu Anda sangat dilarang untuk banyak membeli kebutuhan yang tidak bersifat primer, atau hanya kebutuhan tambahan saja. Contohnya seperti membeli rokok. Saat ini, rokok masih berkisar harga Rp 20 ribu untuk setiap bungkusnya. Untuk Anda para perokok berat, tentu menghabiskan rokok sebungkus untuk setiap harinya bukan lagi menjadi hal yang aneh untuk didengar. Dengan kata lain, Anda bisa menghabiskan uang sekitar Rp 600 ribu untuk setiap bulannya.

Tentu bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan, pengeluaran ini seharusnya bisa ditekan dan dialokasikan untuk kebutuhan primer lainnya, seperti makanan setiap harinya, bayar listrik, dan hal-hal penting lainnya. Jadi, usahakanlah untuk berhenti merokok. Selain bisa mengurangi penyakit dan membuat tubuh Anda selalu sehat, tentu saja dengan berhenti merokok pun pengeluaran Anda bisa ditekan dengan jumlah yang cukup besar.

Hindari kredit

Kredit kini menjadi hal yang sangat wajar untuk dilakukan. Hal ini membantu para pekerja yang ingin memiliki sebuah barang, namun penghasilan mereka tidak cukup untuk membeli barang tersebut. Dengan adanya sistem kredit ini, Anda bisa membayar barang yang Anda inginkan tersebut dengan sistem pembayaran dicicil setiap bulannya, sekaligus dengan pembayaran bunganya. Namun, di sisi lain, kemudahan ini bisa jadi permasalahan baru bagi Anda yang memiliki penghasilan tidak mencapai UMR.

Kredit adalah kemudahan yang seperti dua belah mata pisau. Bunga setiap bulannya dan juga konsekuensi yang datang apabila Anda telat membayar akan membawa malapetaka bagi hidup Anda. Hal ini seperti utang yang diangsurkan untuk beberapa waktu, sedangkan Anda hanya memiliki gaji pas-pasan untuk kebutuhan primer saja. Oleh karena itu, selagi Anda masih memiliki penghasilan di bawah UMR dan pekerjaan sampingan Anda belum berjalan dengan baik, cobalah untuk menghindari pembelian dengan cara kredit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement