Rabu 05 Oct 2016 09:29 WIB

10 Manfaat Garam yang Belum Pernah Diketahui

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Garam
Foto: pixabay
Garam

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin garam sudah tidak dapat dipisahkan dari aktivitas memasak di dapur. Namun, selain sebagai penambah rasa, ternyata garam memiliki sejumlah manfaat lainnya.

Berikut adalah penggunaan garam yang belum familiar bagi banyak orang:

1. Garam bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mencuci sayuran karena sifat anti-mikroba yang dikandungnya.

2. Garam dapat dimanfaatkan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bunga hias buatan Anda di ruang tamu. Caranya, cukup dengan menaburkan secangkir garam pada bungan buatan lalu goyangkan untuk merontokkan debu menggunakan sebuah wadah.

3. Garam membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada stainless steel. Dengan menggosokkan garam di atas permukaan stainless steel, kotoran perlahan akan memudar dan menghilang.

4. Selain itu, garam juga bisa membuat perabot rumah Anda yang terbuat dari logam atau tembaga menjadi mengkilap hanya dengan menggosokkan campuran garam dan arang bakar pada perabot tersebut.

5. Bagi rumah Anda yang sering didatangi gerombolan semut, menaburkan garam pada sumber lokasi bisa menghalangi semut-semut datang lagi ke rumah Anda.

6. Tak hanya stainless steel dan bahan logam, garam juga bisa digunakan untuk membersohkan perabot rumah yang terbuat dari kayu. Cukup dengan mengusapkan campuran garam dan air hangat dengan kain kering, perabot kayu Anda akan kembali bersih.

7. Bagi Anda yang suka berkebun, garam bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami pembasmi gulma.

8. Dengan menambahkan sejumput garam ke dalam minuman susu Anda, akan membuat minuman susu terjaga kesegarannya.

9. Garam juga dapat menyerap bau busuk pada lemari, sepatu maupun rak di rumah Anda dengan meletakkan segelas garam di sudut rak sepatu, maupun lemari pakaian Anda.

10. Mencampur sedikit garam dalam pasta gigi ketika Anda menyikat gigi dapat memperkuat gigi dan menjauhkan gigi dari penyakit, dilansir dari Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement