Selasa 04 Oct 2016 11:26 WIB

Manfaat Tersembunyi Mason Jar

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andi Nur Aminah
Mason jar untuk membuat mi instan
Foto: Thekitchn
Mason jar untuk membuat mi instan

REPUBLIKA.CO.ID, Mason jar adalah wadah yang baik untuk menyimpan bumbu, salad, dan oat. Mason jar ditemukan dan dipatenkan pertamakaki pada 1858 oleh John Landis Mason tukang pateri asal Philadelphia. Mason jar, atau yang lebih mirip seperti toples selai ini sekarang sudah menjadi tren untuk menjadi tempat membawa berbagai kebutuhan.

Alat dapur klasik ini ternyata punya beberapa kemampuan tersembunyi yang bisa memberikan manfaat lebih seperti dikutip dari The Kitchn. Beberapa kelebihan jika menggunakannya antara lain, jika diakai untuk menyimpan sayuran, biasanya akan tetap segar walau sudah dibuat dari beberapa jam yang lalu.

Makanan yang dikemas dalam mason jar juga aman untuk dimasukan ke dalam microwave (jika memang perlu). Kelebihannya lainnya, tidak mudah bocor, mudah dicuci setelah digunakan dan bisa dipakai berkali-kali.

Nah, selain itu, bisa dimanfaatkan untuk apa lagikah?

Tempat membawa cupcake

Mason jar bisa digunakan untuk membawa cupcake dan memastikannya utuh hingga tujuan. Caranya, pegang mason jar secara terbalik. Letakkan cupcake di bagian dalam tutupnya. Lalu, eratkan cincin penutupnya.

Pengganti gelas untuk membuat hidangan penutup atau omelet

Membuat puding atau omelet tak hanya bisa menggunakan gelas. Mason jar pun bisa melakukannya. Ganti gelas dengan mason jar dan Anda akan mendapatkan hasil yang sama.

Tempat mengocok whipped cream

Mason jar bisa Anda gunakan untuk tempat mengocok dan menjadi solusi cepat untuk mendapatkan whipped cream.

Sambungkan ke blender

Ternyata mason jar berukuran standar bisa dihubungkan dengan banyak blender. Gunakan mason jar untuk membuat smoothie yang Anda sukai.

Bisa digunakan untuk tempat bumbu

Anda bisa menyusun mason jar menjadi tempat penyimpanan bumbu-bumbu masak.

Tempat mencocol camilan

Mason jar terbukti tahan bocor dan bisa menjadi tempat yang baik untuk menyimpan camilan beserta saus untuk dicocol langsung.

Tempat menanam

Siap untuk menanam dalam rumah? Anda bisa memanfaatkan /mason jar bekas menjadi pot.

Membuat mi instan

Mason jar bisa menjadi tempat memasak mi instan gelas. Mason jar juga bisa menjadi tempat Anda menyimpan stok mi instan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement