Senin 03 Oct 2016 12:55 WIB

5 Jenis Tabungan yang Harus Anda Miliki Saat Masih Muda

Memiliki tabungan sedari muda ibaratnya menyediakan payung sebelum hujan di masa tua nanti.
Foto:
Memiliki tabungan sedari muda ibaratnya menyediakan payung sebelum hujan di masa tua nanti.

Buat asuransi kesehatan sendiri

Biasanya beberapa perusahaan sudah memberikan fasilitas asuransi kesehatan dan keselamatan kerja untuk karyawanya. Namun tidak ada salahnya membuat asuransi sendiri sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun mungkin agak berat untuk membayar premi bulanan dari asuransi tersebut tapi pasti akan merasakan manfaatnya kelak.

Tabungan untuk kredit rumah

Meskipun Anda seorang lajang profesional yang belum memiliki pasangan, tidak ada salahnya untuk menganggarkan penghasilan untuk membeli rumah. Tidak perlu rumah mewah besar nan mentereng. Rumah sederhana dengan cicilan KPR juga bisa dijadikan alternatif bagi Anda kaum muda yang ingin memiliki rumah sendiri. Dengan cicilan KPR Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta, tentunya Anda bisa membuat gambaran berapa uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya untuk membeli rumah tersebut.

Taspen atau tabungan simpanan pensiun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi Anda yang bekerja sebagai PNS tentunya tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan hal tersebut karena tentunya semua kebutuhan hidup Anda sudah dijamin oleh negara, termasuk dalam dana pensiun. Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan swasta tentunya tidak ada jaminan akan bekerja selamanya di perusahaan tersebut. Untuk itulah diperlukan anggaran khusus persiapan hari tua yang bisa dilakukan di beberapa bank yang memiliki produk keuangan tabungan hari tua dan sejenisnya.

Sedia Payung Sebelum Hujan

Itulah beberapa macam tabungan yang bisa Anda sisihkan. Memang kegiatan menghambur-hamburkan uang itu sangatlah mudah dan menyenangkan ketika dilakukan. Namun Anda tidak akan merasakan efek negatif dari apa yang Anda lakukan tersebut sampai ketika bertemu dengan suatu masalah yang menuntut mengeluarkan uang dengan jumlah yang sangat besar. Karena itulah, bukankah akan lebih baik jika sedia payung sebelum hujan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement