Sabtu 01 Oct 2016 06:06 WIB

Kopi Indonesia Menjadi Tema Lomba Penulisan Cerpen

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Biji kopi
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Biji kopi

REPUBLIKA.CO.ID,    JAKARTA -- Kopi kini semakin banyak dijadikan inspirasi. Kopi tidak hanya dijadikan minuman saja, tapi juga bisa dijadikan sebuah tulisan yang menarik.

Bersama dengan merek busana ternama, Giordano, Nulisbuku.com membawa kopi pada sebuah kompetisi menulis cerpen yang diadakan sejak 4 agustus hingga 21 Agustus 2016. Menurut Nina Deka, juri di lomba penulisan ini mengatakan ajang ini adalah wadah untuk mencari penulis-penulis baru dan berbakat, yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, dari bagian Timur hingga bagian Barat Indonesia. Semua tulisan harus bertemakan kopi.

    

“Tujuan kita kan untuk mencari penulis baru yang memang membutuhkan wadah untuk orang membaca tulisanya, yang mana kompetisi ini ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, dari Aceh hingga Papua,” ujar Nina di Jakarta, Jumat (30/9).

Salah satu peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah Wisnu Sumarwan. Penulis yang berasal dari Jakarta ini menuliskan cerita tentang Pulang ke Kopi yang berhasil menjadikanya pemenang. “Intinya saat kita menang dari kompetisi ini, semua cerita pada dasarnya pointnya tentang manusia. Jadi bagaimana kita membuat relasi antara kopi dengan manusia intinya dari situ," jelas Wisnu.

Wisnu mengatakan, cerpen tentang kopi yang ditulisnya berlatar belakang kebun kopi Banarang, di Semarang. Atas karyanya tersebut dia berhak mendapat hadiah dengan jalan jalan ke Toraja dan tulisannya akan diterbitkan dalam buku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement