Selasa 20 Sep 2016 14:18 WIB

Ini yang Dilakukan Orang Sukses pada Ahad Malam

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Orang sukses memiliki skala prioritas yang baik dalam berkegiatan, termasuk cukup tidur pada Ahad malam.
Foto: ABC News
Orang sukses memiliki skala prioritas yang baik dalam berkegiatan, termasuk cukup tidur pada Ahad malam.

REPUBLIKA.CO.ID, Kebanyakan orang tidak menyukai Ahad malam. Sebab, itu artinya akhir pekan selesai dan datanglah Senin yang dibenci.

Bahkan, survei oleh laman Monster tahun 2015 menyebutkan, sebanyak 76 persen pekerja Amerika mengidap Sunday-night blues. Kondisi itu berupa kecemasan akut, merasa marah, tak berdaya, bahkan depresi pada Ahad malam.

Laura Vanderkam dalam buku What The Most Successful People Do On The Weekend menawarkan solusi untuk menekan perasaan itu. Berikut daftar hal yang dilakukan orang-orang sukses untuk mempersiapkan awal pekan yang bisa Anda coba.

Lakukan hal menyenangkan

Ini bisa membuat seseorang fokus dan tetap bahagia pada pekan yang akan datang. Hal menyenangkan bisa apa saja, misalnya nonton film, makan bersama keluarga, membaca buku kesukaan, atau olahraga ringan seperti tenis dan main bowling.

Atur rencana dalam sepekan

Para tokoh sukses suka mengecek kalender pada Ahad malam dan mengatur perencanaan kegiatan selama sepekan ke depan. Mereka menetapkan tujuan dan target serta tenggat waktu untuk sejumlah pekerjaan.

Bersantai

Orang-orang sukses melakukan apa saja kecuali pekerjaan esok hari pada Ahad malam. Mereka tidak obsesif memeriksa email atau menanggapi pesan dan mencoba untuk tidak memikirkan masalah yang terkait dengan pekerjaan.

Membantu orang lain

Menjadi sukarelawan dan membantu orang lain adalah cara yang bagus untuk mengakhiri pekan. Selain mengalihkan pikiran dari kemungkinan tekanan pekerjaan, ini adalah cara untuk terhubung dengan orang lain secara sosial.

Tidur cukup

Orang sukses memiliki skala prioritas yang baik dalam berkegiatan, termasuk cukup tidur pada Ahad malam. Hal terburuk menurut Vanderkam adalah terjaga sampai larut sehingga membuat Anda terbangun dengan lelah pada Senin pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement