Senin 19 Sep 2016 09:13 WIB

Ibu Termuda di Dunia Melahirkan di Usia Kurang dari 6 Tahun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Lina Medina, bocah lima tahun lebih yang melahirkan anak
Foto: Littlethings
Lina Medina, bocah lima tahun lebih yang melahirkan anak

REPUBLIKA.CO.ID, Ibu termuda di dunia yang tercatat bernama Lina Medina. Usianya baru lima tahun, tujuh bulan, dan 17 hari ketika dia melahirkan seorang putra seberat 2,7 kilogram (kg).

Fenomena ini sulit dimengerti, mengingat Medina bahkan belum lulus TK. Secara biologi, kejadian ini juga sulit dipercaya, namun merupakan satu fakta. Pada 1939, Medina melahirkan bayi laki-laki lewat operasi sesar. Keberadaannya didokumentasikan dalam sebuah makalah oleh seorang dokter wanita pada zaman itu.

Medina dikabarkan menjadi korban pelecehan seksual dan dia tidak tahu bisa hamil. Dia pun tak tahu ada perubahan di fisiknya, juga tak mengerti psikologi seks.

Dilansir dari Unrealfacts, Senin (12/9), kebanyakan wanita belum mencapai kematangan seksual pada anak seusia Medina. Wanita biasanya baru bisa melahirkan sekitar usia 12 tahun.

Dalam laporan lain, Dr Edmundo Escomel menyatakan, Medina kemungkinan mengalami kematangan seksual yang langka pada usia delapan bulan, 2,5 tahun, atau sekitar tiga tahun. Ketika orang tua Medina melihat perut putrinya membuncit, mereka membawanya ke dokter setempat. Mereka mengira itu adalah tumor dan melakukan screening test.

Orang tuanya terkejut ketika putrinya dinyatakan hamil tujuh bulan. Foto sinar X dan bukti terkait menunjukkan bahwa hal tersebut nyata.

Medina melahirkan pada 14 Mei 1939. Dia ternyata sudah memiliki sistem reproduksi matang, satu-satunya kasus yang ditemukan bahwa anak perempuan mengalami kematangan reproduksi begitu awal.

Bayi yang dilahirkannya sehat dan dibesarkan oleh kakek neneknya. Medina sendiri tak tahu bahwa bayi itu adalah anaknya, karena dia hanya mengetahui bahwa itu adiknya.

Ketika berusia 10 tahun, Medina baru menyadari bahwa dia sebenarnya ibu dari si bayi. Anak Medina menjalani kehidupan relatif sehat dan normal. Putranya meninggal pada 1979 karena penyakit sumsum tulang.

Identitas ayah sang bayi masih menjadi misteri sampai sekarang. Ayah Medina sempat ditangkap dan ditahan karena dugaan incest, namun belakangan dibebaskan tanpa syarat karena tak ada bukti kuat atas dugaan tersebut. Medina melahirkan anak kedua saat berusia 39 tahun, sekitar 1972.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement