Kamis 08 Sep 2016 14:04 WIB

Dokter Anjurkan Penggunaan Asam Hialuronat Sejak Usia Ini

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Asam Hialuronat bekerja menangkap kelembaban kulit, hingga kulit tak cepat menua.
Foto: flickr
Asam Hialuronat bekerja menangkap kelembaban kulit, hingga kulit tak cepat menua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencegahan bagi kulit yang mengalami penuaan bisa dilakukan sedini mungkin, tanpa harus melihat gejala-gejalan yang timbul. Kepala Departemen Kulit dan Kelamin RSPAD Gatot Soebroto Indonesia, Abraham Arimuko mengatakan, zat asam hialuronat baik digunakan sebagai bahan dari pelembab, bagi mereka yang sudah memasuki pertengahan usia 20 tahun.

"Asam hialuronat normalnya digunakan pertengahan 20 tahun, sudah mulai sampai sepanjang hidup. Itu bukan obat, jadi aman. Pelembab dan segala macam yang mengandung bermacam-macam termasuk hialuronat, merupakan bahan alamiah," kata Abraham di Jakarta, belum lama ini.

Ia mengatakan, kulit yang mengalami penuaan biasanya lebih cepat pada mereka yang memiliki jenis kulit kering. Meskipun usia seseorang masih sekitar 20-an, namun sudah muncul pertanda tersebut, itu artinya sudah menjadi tanda awal penuaan.

Setelah kulit kering, maka akan mulai nampak tanda penuaan selanjutnya, seperti kerutan dan bahkan sampai kulit kendor. Untuk itu, perawatan sedini mungkin dapat dilakukan, bagi mereka yang ingin memperlambat penuaan.

Abraham mengungkapkan, bagi mereka yang memiliki kulit berminyak memang akan mengalami penuaan lebih lambat, dibandingkan dengan jenis kulit kering. Namun, kulit berminyak juga harus menggunakan perawatan, seperti pelembab.

"Kulit harus dilembabkan, termasuk kulit berminyak. Sebab kulit berminyak juga berurusan dengan air, mereka bisa kekurangan air. Jadi, harus dikasih pelembab khusus kulit bermiyak, dan yang kulit kering, khusus untuk yang memiliki kulit kering," ungkap Abraham.

Ia menjelaskan, asam hialuronat merupakan zat yang terdapat dalam seluruh jaringan tubuh manusia dan berfungsi mengikat air. Namun, produksinya akan berkurang seiiring bertambahnya usia.

Asam hialuronat sendiri menjadi kandungan terpenting di dalam produk anti penuaan. Hasil dari aplikasi asam hialuronat adalah, sebagai jaringan pengisi lunak untuk mengatasi lipatan dan kerutan di wajah. Zat ini memiliki efek hidrofilik, yang menarik air, apabila masih tersedia dalam jumlah banyak, maka kulit akan seperti bayi ataupun remaja.

Menurut Abraham, pemilihan produk yang mengandung asam hialuronat yang baik yakni, sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hanya saja, efek samping yang dikeluarkan, pasti akan berbeda-beda, tergantung dari pabriknya.

Sementara itu, Abraham mengatakan, penggunaan asam hialuronat dengan bahan alami, memang tidak ada, baik untuk di buah-buahan sekalipun. Untuk pemakaian tersebut, bisa dicari pada produk yang mengandung zat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement