Sabtu 03 Sep 2016 05:21 WIB

Unik, Kursi Tambahan Ini Terpasang di Langit-Langit Kereta Jepang

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Kursi tambahan (tengah) di kereta Jepang yang bisa turun secara otomatis.
Foto: rocket news
Kursi tambahan (tengah) di kereta Jepang yang bisa turun secara otomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kereta Jepang terkenal tepat waktu, bersih, dan menawarkan layanan terbaik bagi pelanggannya. Baru-baru ini fokus penyediaan layanan yang nyaman bagi penumpang di kereta Jepang kembali menjadi sorotan karena video yang diunggah oleh akun Twitter @kijitoti_NV.

Dalam video tersebut terdapat kursi yang perlahan-lahan turun dari langit-langit dan terpasang di depan pintu kereta. Kursi tersebut kemudian sejajar dengan kursi lainnya.

Tempat duduk yang unik ini dapat ditemukan di kereta seri 5000 yang dijalankan oleh operator kereta api Keihan Railways yang melayani rute Osaka, Kyoto dan Shiga. Selama tidak dalam keadaan ramai, beberapa pintu kereta dapat dinonaktifkan dan kursi turun otomatis menyediakan tempat duduk tambahan bagi penumpang.

Teknologi tersebut sudah ada sejak 45 tahun lalu. Namun, pengguna Twitter asal Jepang masih terkejut dengan teknologi unik ini.

“Ini luar biasa! Saya tidak tahu hal semacam ini ada sampai sekarang,” ujar salah satu orang yang berkomentar dalam video tersebut, seperti yang dikutip dari Rocket News, Sabtu (3/9).

“Ini adalah teknologi fantastis,” ujar yang lainnya.

Seri kereta 5000 ini sebenarnya sudah beroperasi sejak 1971. Kereta ini merupakan satu-satunya kereta dari seluruh Jepang yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan khusus.

Untuk merayakan ulang tahun pelayan kereta yang ke-45 tahun di Keihan-Otosen Nakanoshima, perusahaan kereta api mengadakan acara di Stasiun Nakanoshima pada 28 Agustus lalu. Acara ini memperlihatkan bagaimana mekanisme penurunan kursi di seri kereta 5000.

Kursi tetap turun setiap saat, kecuali selama jam sibuk untuk mengakomodasi lebih banyak penumpang. Momen ini akan menjadi momen fantastis bagi para pengguna kereta untuk menyaksikan teknologi kursi canggih ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement