Jumat 02 Sep 2016 13:09 WIB

7 Ritual Tidur yang Memengaruhi Kesuksesan

Rep: Gita Amanda/ Red: Andi Nur Aminah
Tidur dengan ponsel. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Tidur dengan ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa hal yang dilakukan sebelum tidur cenderung memiliki dampak signifikan pada suasana hati dan tingkat energi di hari berikutnya. Sebab mereka akan memengaruhi seberapa baik dan banyak tidur yang dijalani.

Business Insider berbicara dengan para ahli untuk mengetahui apa yang dilakukan orang sukses sebelum mereka tidur. Ternyata seperti dilansir The Independent ada beberapa ritual tidur yang mereka lakukan sebelum tidur. Berikut tujuh ritual tidur yang akan berdampak pada kesuksesan:

Tak berhubungan dengan pekerjaan

Seorang pembicara bisnis internasional dan penulis The Humor Advantage Michael Kerr mengatakan, orang yang benar-benar sukses melakukan berbagai hal kecuali pekerjaan tepat sebelum tidur. "Mereka tak obsesif dengan memeriksa email mereka, dan mencoba untuk tak memikirkan masalah terkait pekerjaan mereka," katanya.

Beri waktu antara memeriksa e-mail terakhir dan waktu tidur. Ini dilakukan agar tak membawa pikiran soal pekerjaan saat berbaring tidur. Dengan begitu tidur akan terasa lebih baik dengan pikiran lebih bersih, sehingga tidur tanpa stres.

Menonaktifkan berbagai jenis layar

Anda tak hanya harus berhenti memikirkan atau bekerja sebelum tidur tapi matikan segala hal yang berhubungan dengan layar. Para peneliti setuju setiap jenis layar harus dimatikan sebelum tidur.

Cahaya biru dari ponsel seperti kecerahan matahari, ini memberitahu otak untuk berhenti memproduksi melatonin. Padahal melatonin merupakan hormon penting yang mengatur siklus metabolisme tubuh dan memberitahu kapan saatnya bangun dan tidur. Ini bisa mengakibatkan tak hanya kualitas tidur buruk tapi juga gangguan penglihatan, kanker bahkan depresi. Jadi berhenti mengecek e-mail, media sosial atau bermain di telepon selular sebelum tidur.

Merefleksikan diri

Kerr mengatakan, orang-orang sukses mengambil waktu sebelum tidur untuk merenung. Mereka menuliskan tiga hal yang terjadi hari itu, yang membuat mereka merasa bersyukur.

"Menjaga 'jurnal bersyukur' juga mengingatkan orang pada kemajuan yang mereka buat hari itu dalam setiap aspek kehidupan mereka, ini cara utama untuk tetap termotivasi, terutama di saat-saat penuh tantangan," kata Kerr.

Benjamin Franklin terkenal dengan pertanyaannya kepada diri sendiri setiap malam. Ia selalu bertanya pada dirinya sebelum tidur, "Apa hal baik yang telah saya lakukan hari ini?".

Mengurangi tekanan

Selain bercermin mengenai apa yang sudah dilakukan setiap hari, mengambil waktu beberapa menit untuk bernafas, bersantai dan mengurangi tekanan juga diperlukan tubuh. Meditasi adalah sala satu cara untuk melakukan hal ini. Pelatih meditasi Dale Kurow mengatakan, meditasi merupakan cara paling bagus bersantai dengan tubuh dan menenangkan pikiran.

Merencanakan tidur

Salah satu cara agar tidur berkualitas adalah tidur pada waktu yang konsisten setiap malamnya. Ini merupakan kebiasaan kunci yang direkomendasikan semua ahli tidur, untuk memastikan tidur malam yang sehat.

Membuat daftar untuk esok hari

CEO American Express Kenneth Chenault menulis tiga hal yang ia ingin capai di hari berikutnya setiap sebelum tidur. Sangat sedikit orang yang meluangkan waktu untuk membuat daftar apa yang ingin di capai esok hari sebelum tidur.

"Membersihkan pikiran sebelum tidur penting bagi banyak orang sukses. Seringkali mereka mengambil waktu menulis beberapa hal untuk dilakukan hari berikutnya, sehingga pikiran-pikiran itu tak terbawa tidur," kata Kerr.

Hentikan ngemil, hindari alkohol dan kafein

Para ahli mengatakan, banyak orang kerap mengkonsumsi alkohol sebelum tidur. Padahal National Institute of Health menemukan mengkonsumsi alkohol sebelum tidur merampas kualitas tidur. Juga hindari konsumsi kafein dan makanan tinggi lemak sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement