Jumat 02 Sep 2016 11:19 WIB

Generasi Muda Diimbau Pelajari Budaya Masa Lalu

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hazliansyah
Malang Art Week 2016
Foto: IST
Malang Art Week 2016

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengajak generasi muda agar mempelajari kebudayaan masa lalu bangsa Indonesia.

"Kita harus membenahi diri, dan mengubah paradigma. Jaman dulu itu tidak tertinggal, tapi justru ikon jaman dulu adalah penuh dengan filosofi kehidupan untuk manusia sekarang,” kata Wali Kota Malang, Moch Anton dalam sambutannya membuka Malang Art Week di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Malang, Jawa Timur, Kamis (1/9) malam.

Anton berharap para generasi muda mampu membentengi diri, jangan sampai terbawa arus kebudayaan dari luar. Tujuannya, agar generasi muda dapat mempertahankan kebudayaan Indonesia.

“Kita harus mampu memfilter arus budaya yang datang dari luar tidak menghanyutkan kebudayaan indonesia,” ujar Anton.

Wali kota menjabarkan, dalam sejarah bangsa ada sosok Patih Gajah Mada yang mengenalkan Sumpah Palapa yang menjadi cikal bakal semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Menurutnya, Sumpah Palapa menyatukan berbagai pulau di Indonesia menjadi satu kesatuan.

"Sehingga, di Indonesia, kepentingan yang utama adalah Bhineka Tunggal Ika, menyatukan perbedaan jadi kesatuan luar biasa," jelasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement