Jumat 02 Sep 2016 03:12 WIB

Kim Kardashian Menerima Harus Terkena Psoriasis

Kim Kardashian
Foto: Reuters
Kim Kardashian

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kim Kardashian cukup terbuka dengan penyakit kulit psoriasis yang dialaminya. Ia bertekad tidak akan membiarkan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh itu menghalanginya.

Kim mengatakan tidak lagi cemas tentang hidup dengan psoriasis. Bahkan dia tak lagi akan menutupi kulit kering akibatnya. Sejak didiagnosa tahun 2010 Kim memang terbuka dengan perjuangannya pada psoriasis.

"Saya punya satu bagian di kaki kanan yang jelas sekali. Saya bahkan tidak akan berusaha menutupinya. Kadang saya pikir kekurangan ini sangat besar dan semua orang tahu. Jadi kenapa ditutupi."

Kim bercerita ia pertama kali sadar akan penyakitnya di New York. Ketika itu Kim mengenakan gaun manik-manik dan ia mudah sangat merasa gatal. "Saya kira ini adalah ruam akibat bahan, tapi ketika ruam itu menutupi kaki saya, ibu saya mengatakan saya mungkin menderita psoriasis," katanya. Sang ibu memang memiliki penyakit serupa dan mungkin Kim keturunan darinya.

Psoriasis disebut Kim belum ada obatnya. Ia menghindarinya dengan tidak memakan makanan tertentu misalnya tomat atau terung. Ia juga menggunakan salep kortison setiap malam sebelum tidur. "Saya selalu mengharapkan ada obatnya, tentu saja. Tapi sementara itu, saya belajar untuk menerimanya sebagai bagian hidup saya," katanya, dilansir dari Malay Mail Online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement