Kamis 01 Sep 2016 11:28 WIB

Sierra Soetedjo Ikut Tanam Pohon di Pelataran Candi Prambanan

Penyanyi Sierra Soetedjo berpartisipasi dalam penanaman pohon di area pelataran candi prambanan
Foto: IST
Penyanyi Sierra Soetedjo berpartisipasi dalam penanaman pohon di area pelataran candi prambanan

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Penyanyi Sierra Soetedjo mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam upaya menjaga lingkungan dengan terlibat dalam kegiatan penanaman 10 ribu bibit pohon trembesi. Menurutnya, masyarakat saat ini sudah tahu dan sadar bahwa kualitas lingkungan hidup saat ini semakin menurun.

"Pada akhirnya kita semakin menyadari perlunya kepedulian dan kemauan untuk ikut melestarikan alam sekitar kita," ujar Sierra Soetedjo usai penanaman pohon trembesi di wilayah Joglosemar yang merupakan bagian dari program Djarum Trees For Life oleh Djarum Foundation, di area pelataran Candi Prambanan, beberapa waktu lalu.

Ia berharap program seperti ini dapat memicu masyarakat untuk melakukan kegiatan sejenis di seluruh nusantara, sehingga bisa memberi dampak nyata untuk kehidupan masyarakat.

Hal senada dikatakan vokalis Barasuara, Iga Massardi. Menurutnya apa yang telah dilakukannya adalah upaya untuk menjadikan kualitas hidup lebih baik lagi di masa mendatang.

"Tentunya sangat gembira apalagi juga dilakukan di kawasan Candi Prambanan yang merupakan salah satu mahakarya budaya Indonesia. Ini bisa jadi contoh bahwa sudah sepatutnya kita turut melestarikan ekosistem lingkungan kita," kata dia.

Program penanaman 10.000 Trembesi di wilayah Joglosemar merupakan bagian dari program Djarum Trees For Life yang telah digagas Djarum Foundation sejak tahun 2010.

Setelah sebelumnya melakukan penghijauan Jalur Pantura 1.350 KM Merak – Banyuwangi pada tahun 2015 serta penghijauan 296 KM Lingkar Pulau Madura, kali ini Djarum Trees For Life melakukan penghijauan di kawasan “Joglosemar” yang meliputi Semarang – Bawen – Lingkar Ambarawa – Magelang – Lingkar Jogja – Solo – Boyolali – Salatiga.

“Inisiatif ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab, serta komitmen Djarum Foundation  terhadap lingkungan guna mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan,” ujar Vice President Director Djarum Foundation, FX Supandji, dalam pernyataan tertulis, Kamis (1/9).

Penanaman Trembesi di wilayah Joglosemar telah dimulai sejak awal tahun 2016. Dimulai dari Kecamatan Bawen, Kota Semarang, saat ini penanaman telah memasuki wilayah Boyolali. Dengan target menanam 10.000 pohon Trembesi, hingga saat ini telah tertanam tidak kurang dari 5.576 pohon Trembesi.

Di kawasan pelataran Prambanan ditanam sebanyak 300 bibit pohon dengan jenis yang berbeda-beda. Selain Trembesi, pohon lainnya antara lain, Sawo Kecik, Tanjung, Asem Jawa, Kepel, Kemuning, Gayam, Kecrutan, Walikukun, Gaharu, Dewadaru, Kalisomodo, dan sebagainya.

Selain untuk menambah variasi dan keanekaragaman tanaman, beberapa jenis pohon tersebut termasuk dalam jenis tanaman langka dan khas.

Seremoni penanaman ini dilakukan di area Pelataran Candi Prambanan dan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Sleman Drs H. Sri Purnomo dan Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement