Kamis 01 Sep 2016 10:41 WIB

Begini Cara Membersihkan Kerang dengan Baik

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Membersihkan kerang
Foto: Thekitchn
Membersihkan kerang

REPUBLIKA.CO.ID, Jika membahas makanan laut, maka kita tak akan lepas dari kerang. Kerang masih menjadi salah makanan favorit bagi para pecinta kuliner laut. Namun perlu diketahui, di balik kelezatannya, memasak bahan ini cukup sulit. Apalagi bagi mereka yang tak memiliki pengalaman banyak dalam memasak kerang.

Dilansir Thekitchn, Kamis (1/9), membersihkan kerang menjadi hal yang cukup susah dan membingungkan. Kalau seseorang tak yakin dengan kemampuannya, lebih baik segera minta pertolongan penjual kerang untuk membersihkannya dengan baik. Namun jika seseorang bersikukuh untuk membersihkannya secara mandiri, berikut ini yang perlu diperhatikan.

Ketika membersihkan kerang, pastikan kondisi retakannya tertutup rapat. Jika ada kerang terbuka, tekan dengan lembut. Jangan lupa juga untuk menggosok setiap kerangnya. Gosokan ini bertujuan untuk membuang semacam benang yang menempel di kerang tersebut.

Lihatlah celah di mana dua kerang bertemu. Dari situ akan terlihat semacam serabut atau seperti benang rumput laut coklat (byssus thread). Ada beberapa kerang yang mungkin telah berhasil dihilangkan selama pemrosesan tapi ada pula yang belum.

Saat menemukan kerang yang masih berserabut, cobalah untuk memegangnya dengan ibu jari dan jari telunjuk. Gunakan sisi ke sisi untuk melakukan gerakan dan menariknya keluar. Gerakan ini akan nampak seperti permainan tarik-menarik antara Anda dan kerang. Secara keseluruhan, kegiatan membersihkan beberapa kerang ini dapat menghabiskan waktu 15 menit.

 

Sebagai informasi, serabut itu sebenarnya tidak berbahaya saat di makan. Hanya saja akan berdampak pada selera masing-masing yang tidak terlalu menginginkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement