Rabu 31 Aug 2016 09:29 WIB

Sebelum Wawancara Kerja, Kenali Beberapa Hal Ini

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Wawancara kerja/ilustrasi
Foto: usgreentechnology.com
Wawancara kerja/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Pepatah 'Kesempatan tidak akan pernah datang dua kali' sepertinya harus dipegang teguh oleh setiap orang terutama para pelamar kerja. Oleh sebab itu ketika datang ke sebuah wawancara kerja, membuat kesan pertama adalah hal yang benar-benar penting.

Memikirkan wawancara kerja memang agak menakutkan dan dapat menyebabkan stres, keraguan diri dan kecemasan. Ketika cemas, sulit untuk membuat kesan pertama terbaik di hadapan perusahan yang dituju. Meski begitu, Womanitely mencoba membantu para pelamar kerja dengan mengungkapkan beberapa cara sederhana untuk berhasil dalam wawancara kerja.

Cara yang paling efektif dalam wawancara adalah persiapan. Para pelamar perlu melakukan penelitian sebelum wawancara  seperti dikutip laman womanitely, Rabu (31/8).

Sesuaikan kemampuan

Sebuah deskripsi pekerjaan biasanya meliputi keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan. Cobalah untuk mencocokkan keterampilan Anda sebelum wawancara sehingga tahu persis keahlian masing-masing. Setidaknya para manajer menjadi tertarik mempekerjakan Anda dan tahu mengapa mereka harus mempekerjakan Anda.

Cari tahu perusahaan yang dituju

Informasi merupakan kunci keberhasilan dalam proses wawancara dan para pelamar tentu harus mengetahui peranan perusahaan yang dituju. Informasi ini akan memungkinkan Anda untuk memahami peran yang lebih baik di perusahaan tersebut. Cobalah untuk mencari tahu bagaimana pekerjaan yang akan didapatkan dari perusahaan. Jika perusahaan tidak sinkron dengan kepentingan pribadi, mungkin Anda tidak perlu melanjutkan wawancara itu.

Pelajari proyek baru

Proyek terbaru di perusahaan yang akan dituju menjadi topik penting selama wawancara pekerjaan. Mengapa tidak mengambil inisiatif untuk mencari tahu lebih banyak tentang mereka? Ini adalah keuntungan besar selama wawancara pekerjaan. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Cari tahu tata cara berpakaian perusahaan

Mengetahui kode berpakaian perusahaan sangat penting, terutama jika perusahaannya ultra-konservatif. Sebagian besar kantor memiliki kode berpakaian kasual tapi ada juga yang berbeda. Untuk itu, cari tahu rincian ini dan pastikan Anda berpakaian dengan tepat saat mengikuti wawancara. 

 

Ungkap rencana lima tahun Anda

Salah satu pertanyaan paling umum dalam wawancara kerja, yakni rencana pribadi selama lima tahun ke depan. Pertanyaan ini agak sulit sehingga harus memikirkannya sebelum wawancara kerja.  Anda sebenarnya hanya perlu menunjukkan calon atasan Anda bahwa Anda ambisius dan berniat untuk bekerja untuk perusahaan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement