Kamis 18 Aug 2016 16:20 WIB

5 Aturan Penting Sebelum Anda Berutang

Meminjam uang
Foto: pixabay
Meminjam uang

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang terpaksa berutang karena banyaknya alasan, ada yang karena memang kekurangan pendapatannya serta ada yang kehabisan uang saku sebelum waktunya gajian karena terlalu banyak pengeluaran alias boros. Namun kita jangan tergesa-gesa untuk menggunakan pinjaman uang atau berutang, karena akan dapat merugikan diri kita sendiri kelak jika penggunaannya tidak dibarengi dengan kontrol diri sendiri.

Berutang terjadi karena pengelolaan keuangan kita yang buruk sehingga kita tidak mempunyai pilihan lain, seperti halnya saat kita baru mendapatkan gaji bulanan lalu digunakan untuk hura-hura dan lupa akan tagihan-tagihan bulanan yang harus kita bayar. Jika tidak kita bayar kita akan terkena denda, daripada kita terkena denda dan kena marah oleh penagihnya lebih baik kita gunakan pinjaman dana dulu bukan?

Lalu apakah boleh jika kita berutang?

Ada orang yang takut mengambil tindakan untuk meminjam dana karena takut jika tidak bisa membayarnya, belum lagi jika pinjaman tersebut mempunyai bunga yang tinggi namun tak sedikit juga orang yang memberanikan diri untuk berutang meskipun dengan tawaran bunga yang tinggi. Hal ini dikarenakan desakan yang sulit ditangani dan semakin buruknya kondisi ekonomi.

Menurut beberapa konsultan, berutang sah-sah saja namun kita harus memperhatikan dahulu aturan penting yang harus kita ketahui saat berutang. Apa saja aturan-aturan tersebut? Mari kita simak di bawah ini

Aturan dalam berhutang agar pinjaman tersebut tidak terbuang sia-sia.

Buat rencana keuangan sebelum berutang

Pastikan rencana berutang ini adalah untuk memperbaiki siklus keuangan dan kondisi ekonomi, bukan untuk membuat Anda semakin terlena dengan uang dan dapat memboroskannya begitu saja sehingga berutang ini hanyalah sia-sia.

Berutanglah jika terdesak kebutuhan, bukan terdesak keinginan

Kita harus dapat membedakan mana yang dinamakan kebutuhan dan mana yang dinamakan keinginan. Jika kita tidak dapat memenuhi kebutuhan karena dana yang kita punya telah habis untuk kebutuhan lainnya, maka tidak apa-apa jika kita berutang. Namun jika dana yang kita punya habis untuk membeli keinginan-keinginan kita, itu sama saja dengan keborosan sehingga sebaiknya jangan beruutang dan kelola keuangan Anda secara lebih baik.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement