Selasa 16 Aug 2016 09:14 WIB

Menjawab Kebutuhan Sejuta Rumah dengan Hunian Terjangkau

Hunian  kelas menengah dengan harga terjangkau memberi peluang masyarakat luas untuk memiliki hunian yang layak
Foto: dok : SIAP
Hunian kelas menengah dengan harga terjangkau memberi peluang masyarakat luas untuk memiliki hunian yang layak

REPUBLIKA.CO.ID SERPONG, -- Setiap tahunnya kebutuhan akan perumahan bagi masyarakat mencapai  800 ribu unit, namun rumah yang dapat dipenuhi oleh pengembang maupun pemerintah hanya sekitar 400 ribu unit. Artinya, masih ada kekurangan sebesar 400.000 ribu unit setiap tahunnya yang jika tidak ditangani, maka angka kekurangan rumah atau (backlog) akan semakin tinggi.

Untuk menekan angka backlog tersebut, pemerintah telah membuat terobosan berupa program sejuta rumah untuk rakyat. Hingga semester pertama 2016, sebanyak 120 ribu unit rumah telah terbangun. Kalangan pengembang, perbankan dan pihak lain menyambut positif gagasan tersebut dengan mengembangkan sejumlah proyek perumahan skala menengah ke bawah di sejumlah lokasi di Indonesia. 

Menurut Direktur Utama PT Sukses Indonesia Anugerah Property (SIAP), Robby Kenly, melalui eterangan tertulisnya, Senin (15/8) program tersebut telah menjadi titik cerah bagi masyarakat yang mendambakan hunian layak. Pihaknya merealisasikan dukungan  program pemerintah tersebut, dengan mengembangkan perumahan Ayana Village Regency  di Tigaraksa, Tangerang. " Kami menyambut baik program pengentasan kekurangan rumah yang digagas pemerintah," kata Robby.

M. Bakhtiar Azami, Direktur Marketing SIAP mengatakan, Ayana Village Regency yang dipasarkan seharga Rp 100 jutaan ini, hanya berjarak sekitar 100 meter dari stasiun kereta Tigaraksa. Ayana Village yang memiliki 5 cluster dengan total sekitar 1600 unit rumah  ini dibangun di atas lahan seluas 25 hektar. 

Perumahan yang dirancang dengan konsep hunian hijau ini dapat dijangkau hanya 50 menit dari Jakarta dengan menggunakan kereta api. Lokasi yang dekat dengan stasiun kereta menambah kemudahan bagi penghuni untuk mobilitas ke Serpong, Palmerah, Tanah Abang, Dukuh Atas Sudirman, Jakarta, Depok, Bekasi dan sekitarnya.

Ayana Village Regency memiliki sejumlah fasilitas seperti area komersial dengan pusat pertokoan di boulevard utama,  pasar modern, tempat ibadah (masjid), fasilitas pendidikan (anak usia dini), lapangan olah raga dan sistem keamanan 24 jam. Ayana memiliki lima cluster, dengan ukuran  5x12 m2 (392 unit), 6x12 m2 (392 unit), 7x12 m2  (421 unit), 8x12 m2 (105 unit). Ruko ukuran 4x10 m2, 2 lantai (160 unit), toko ukuran 4x10 m2 (79 unit), dan tanah kavling sebanyak 50 unit yang dipasarkan seharga Rp 50 jutaan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement