Senin 15 Aug 2016 11:14 WIB

Ini Trik Menyiapkan Dana Kurban Sebulan Sebelumnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Hewan kurban
Foto: You Tube
Hewan kurban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Adha atau juga dikenal dengan Hari Raya Kurban semakin dekat. Untuk menyiapkan hewan kurban ternyata bisa dilakukan dalam beberapa tahap. Senior Planner di OneShildt Financial Planning, Rahma Mieta Mulia, menjelaskan untuk menyiapkan dana kurban ada beberapa tahap yang harus dilakukan.

Pertama adalah mencari tahu harga hewan kurban. Kedua, tentu sumber dana untuk kurban dari mana. Lalu setelah itu tentukan tempat menyimpan dana kurban.

Namun jika waktunya tinggal sebulan lagi, bagaimana caranya? Rahma mengatakan maka yang bisa kita lakukan adalah mengecek dana yang tersedia di tabungan saat ini. Tidak masalah untuk menggunakan dana yang ada di tabungan dengan catatan dana ini tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup keluarga atau keperluan wajib lainnya seperti membayar utang yang harus segera dilunasi.

Ingatlah bahwa memberi nafkah keluarga dan membayar utang hukumnya wajib, sedangkan berkurban sunah mu’akkad. Karena itu dia mengataka sudah seharusnya mendahulukan yang wajib dulu daripada yang sunah.

Ia menambahkan beberapa saat sebelum hari raya tiba, jika perlu lakukan perbandingan harga hewan kurban. Karena bisa jadi dengan harga yang sama kita bisa dapat kualitas hewan kurban yang lebih baik. Atau jika uang sudah terkumpul, bisa juga segera dibelikan hewan kurban karena ada beberapa program kurban yang menjual hewan kurban dengan harga lebih murah jika membeli beberapa bulan sebelumnya.

“Semoga dengan perencanaan yang baik, niat baik kita untuk berkurban menjadi terlaksana dan semakin menjadikan kita umat yang selalu bersyukur atas segala nikmat-Nya,” ujarnya kepada Republika.co.id, Senin (15/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement