Sabtu 13 Aug 2016 07:33 WIB

Arkipel, Festival Film Dokumenter dan Eksperimental Hadir Kembali

ARKIPEL
Foto: IST
ARKIPEL

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik bagi pecinta film dokumenter dan eksperimental. Arkipel, 4th Jakarta Internasional Documentary and Experimental Film Festival 2016 siap mewarnai perfilman nasional. Perhelatan akbar ini berlangsung selama sembilan hari dari 18 Agustus 2016 sampai 26 Agustus 2016 di enam lokasi.

Keenam lokasi tersebut adalah goetehouse, kineforum, gedung sarinah, Erasmus Huis, @America dan XXI Taman Ismail Marzuki (TIM).

Dalam event ini, total 87 film dokumneter dan eksperimental dari 25 negara akan ditayangkan serta dua pameran. Semua acara dalam Arkipel ini gratis dan terbuka untuk umum.

Hafiz Rancajale selaku Direkrur Artistik Festival yang juga Ketua Forum Lenteng menjelaskan, Arkipel sebagai refleksi atau fenomena global dalam konteks sosial, politik, ekonomi dan budaya melalui sinema "Gagasan festival ini adalah menyuarakan pensoalan-persoalan kebudayaan dapat dibaca dalam kurun waktu tertentu.

"Idealnya, festival film dapat menjadi event yang menghadirkan capaian puncak sutradara-sutradara dari berbagai kalangan, baik secara estetika dan kontennya,” jelasnya kepada wartawan dalam konferensi pers Arkipel di Jakarta, Jumat (12/8).

Ini sejalan dengan visi-misi Forum Lenteng sejak perintisannya tahun 2003 menjadikan pengetahuan media dan kebudayaan bagi masyarakat untuk hidup yang lebih baik, terbangunnya kesadaran bermedia, munculnya inisatif, produksi pengetahuan, dan terdistribusikannya pengetahuan secara luas.

Nama Arkipel sendiri diambil dari kata archipelago yang merujuk pada istilah bahasa Indonesia, ‘nusantara’ yang muncul sejak awal abad ke-16.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement