Ahad 07 Aug 2016 06:05 WIB

Reza Rahardian Ajak Lebih Apresiasi Pertunjukan Teater

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Reza Rahardian
Foto: MGROL 68
Reza Rahardian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berperan sebagai tokoh Minke dalam pementasan teater Bunga Penutup Abad, aktor Reza Rahardian berharap panggung teater bisa semakin hidup.

Menurut Reza pertunjukan teater tidak melulu dipandang membosankan dan dianggap terlalu tua untuk sebagian anak muda, apalagi kalau temanya tidak berhubungan dengan kehidupan zaman sekarang ini. Hal ini terbukti dari respons dan antusias postif penjualan tiket teater Bunga Penutup Abad yang habis terjual kurang dari 24 jam.

"Sama kaya saya suting film, kalau filmnya mau tayang ya semoga saja laku. Dulu kan paling mentok menang festival, sekarang ke sini-sini ya pengennya laku. Eh terus ternyata terwujud Alhamdulillah yang ini juga laku."

Reza juga menambahkan dengan adanya pertunjukan teater Bunga Penutup Abad bisa menjadi sebuah lokomotif untuk pertunjukan lainnya agar bisa diapresiasi oleh masyarakat dengan membeli tiket berbayar dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pertunjukan lainnya.

"Kalau pertunjukan harus berbayar karena itu bisa jadi salah satu cara tolak ukur mundur atau majunya dunia pertunjukan. Kalo gratis terus ya orang juga nothing to lose, jadi ya sudah. Gratis ini kok nggak bayar," kata Reza.

Bagi Reza, dunia teater juga bukan sesuatu yang baru. "Saya main teater pertama kali di usia 14 tahun waktu itu saya masih SMP di Balikpapan dan pertama kali saya berperan jadi Hanoman," kenang aktor yang suskes memerankan tokoh BJ Habibie.

Saat itu di sekolahnya sedang ada pertukaran pelajar Prancis ke Indonesia. Dan dirinya ditunjuk dari pihak sekolah untuk memerankan tokoh Hanoman.

"Saya sama sekali nggak tau apa-apa pada saat itu tentang teater dan belum tertarik sama sekali untuk di dunia peran. Itu semua karena memang keharusan dari pihak sekolah bagi murid-murid yang terpilih untuk acara tersebut."

Ia baru kembali ke panggung teater sekitar 7 sampai 8 tahun kemudian saat diajak bermain bersama Ratna Sirumpaet untuk pentas di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM).

"Nah, ini yang ketiga setelah 5 tahun lalu untuk main teater lagi dan akhirnya berani lagi ambil panggung berkat di paksa sama teteh (Happy Salma)," ujar Reza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement