Selasa 02 Aug 2016 08:27 WIB

Memahami Sukarno dari Koleksi Lukisannya

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MA Hatta Ali, Menko Polhukam Wiranto menyaksikan lukisan koleksi Istana dalam pameran 17l71 di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8)
Foto: Antara
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MA Hatta Ali, Menko Polhukam Wiranto menyaksikan lukisan koleksi Istana dalam pameran 17l71 di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (1/8)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ada yang berbeda pada rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan RI kali ini, pemerintah memilih menggelar pameran '17/71: Goresan Juang Kemerdekaan' di Galeri Nasional, Jakarta Pusat. Pameran ini memamerkan 28 lukisan serta beberapa benda seni lainnya yang ada di Istana RI. Pameran ini merupakan hal baru dan selama 71 tahun ini tidak pernah dilakukan.

Kini, karya-karya lukisan bersejarah dan tak ternilai harganya dari 20 pelukis dan satu presiden itu dapat dinikmati publik secara gratis. Memperlihatkan benda-benda istana sama saja dengan menunjukkan keterbukaan istana yang selama ini diyakini hanya milik para pejabat yang berwenang.

Para kurator, yaitu Mikke Santoso dan Rizki A Zaelani membagi pameran itu menjadi tiga bagian. Yaitu potret perintis kemerdekaan, situasi masyarakat era revolusi dan kenusantaraan. "Pada saat mengkurasi, lukisan-lukisan ini kami klasifikasikan dalam empat kelas, kelas A, B, C dan D. Dalam pameran ini, kami memamerkan karya-karya kelas A, yaitu karya para maestro, temanya kuat dan kondisinya rata-rata masih baik," kata Mikke saat membawa para undangan berkeliling Galeri Nasional untuk menikmati lukisan-lukisan tersebut.

Mikke mengatakan istana mengoleksi 2.800 lukisan dari sejak zaman Prakemerdekaan. Sebagian besar dari lukisan tersebut dikoleksi oleh presiden pertama Indonesia Sukarno. Sementara presiden lain belum memiliki 'keintiman' sedalam yang dimiliki Sukarno terhadap dunia seni.

 

Sementara itu anak Sukarno, Guntur Soekarnaputra, pernah mengatakan koleksi lukisan ayahnya mencapai 3.000 lukisan. Tetapi lukisan-lukisan tersebut tidak semua milik negara. Beberapa menjadi koleksi pribadinya dan beberapa diberikan kepada para teman dan tamunya.

Memang dalam pameran tersebut, hampir semua lukisan datang dari era presiden Sukarno. Hanya ada dua lukisan yang ada dari era Presiden Soeharto. "Karena memang kebanyakan lukisan di istana milik Sukarno. Saya juga diminta oleh panitia untuk memasukkan koleksi dari era presiden lainnya, maka ada dua lukisan dari era Soeharto," kata Mikke menjelaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement